Logistik Pemilu Mulai Tiba, KPU Berau : Penjagaan Kotak dan Surat Suara Dilakukan Secara Ketat

Logistik Pemilu Mulai Tiba, KPU Berau : Penjagaan Kotak dan Surat Suara Dilakukan Secara Ketat

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau, Budi Harianto-Disway Kaltim-

Tanjung Redeb, NOMORSATUKALTIM - Logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mulai tiba di Berau. Di antaranya bilik suara, kotak suara, kabel atau tali ties, dan tinta.

 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau, Budi Harianto mengatakan, logistik disimpan di Graha Pemuda Tanjung Redeb.

 

"Sesuai dengan kesepakatan, makanya ditempatkan di GOR," ujar Budi, Minggu (10/12/2023).

 

Lanjut Budi, untuk pengiriman tahap kedua, logistik yang akan datang adalah surat suara dan formulir.

 

“Informasinya akan dicetak pada Minggu, 10 Desember 2023 atau hari ini (kemarin. Jadi yang dikirim tahap pertama ini adalah kelengkapan yang tidak masuk dalam kotak suara. Seperti tinta, kabel ties, dan bilik,” ujarnya.

 

Untuk keamanan logistik, terutama surat suara dan formulir, sudah ada aparat keamanan yang menjaga di Graha Pemuda. Selain pihak keamanan, secara bergiliran juga sudah ada staf KPU yang ikut melakukan penjagaan bersama.

 

"Penjagaan kotak dan surat suara dilakukan secara ketat," tegasnya.

 

 

Dengan estimasi waktu kedatangan surat suara dan pelaksanaan pemilihan, menurutnya, cukup untuk melakukan proses pelipatan dan sortir. Termasuk untuk pengajuan pengiriman surat tambahan jika ada kerusakan atau kekurangan.

 

"Kalau soal kebutuhan tenaga untuk lipat dan sortir, kami tetap membutuhkan tenaga bantuan dari luar. Kita sudah adakan simulasi pelipatan, jadi sudah melihat berapa surat suara yang bisa dilipat satu orang. Kita butuh tenaga kemungkinan dari PPK atau PPS untuk membantu,” ujarnya.

 

Selanjutnya, yang menjadi salah satu target KPU yakni pendistribusian surat suara.

 

“Di H minus 3 kita akan prioritaskan untuk kecamatan jauh seperti Kelay, Biduk-Biduk dan Maratua. Nanti untuk yang terdekat seperti Tanjung Redeb bisa H minus 1,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: