Disdikbud Kukar Helat Festival Tunas Bahasa Ibu, Staf Ahli: Itu Bagian dari Identitas

Disdikbud Kukar Helat Festival Tunas Bahasa Ibu, Staf Ahli: Itu Bagian dari Identitas

Suasana pelaksanaan FTBI di SMP Negeri 1 Tenggarong.-(ist)-diskominfo kukar

Kukar, NOMORSATUKALTIM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara mengadakan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) di SMP Negeri 1 Tenggarong, Kamis (2/11/2023).

Acara yang dibuka Staf Ahli Bupati Kukar Bidang Pemerintahan dan Kesra, Didi Ramyadi ini, merupakan bentuk pelestarian budaya yang harus dijaga oleh masyarakat, yakni bahasa daerah. 

Didi mengatakan bahwa Festival Tunas Bahasa Ibu ini bertujuan untuk menanamkan nilai cinta dan kebanggaan terhadap bahasa daerah kepada generasi muda. 

Ia berharap agar generasi muda dapat menguasai dan mengajarkan bahasa daerah sebagai bahasa ibu kepada orang lain.

“Kita harus bersama-sama menjaga dan melestarikan bahasa ibu, karena itu adalah bagian dari identitas kita. Siapa lagi yang akan menjaganya selain kita dan anak cucu kita,” kata Didi.

Ia pun mengapresiasi anak-anak yang mampu berbahasa asing, namun bahasa daerah tidak boleh terlupakan. Karena bahasa daerah bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga simbol kearifan dan budaya lokal.

“Bahasa daerah bukan hanya sebagai bahasa ibu atau alat komunikasi saja, tetapi yang terpenting adalah sebagai bagian dari identitas bangsa kita,” tambahnya.

Festival ini diikuti oleh siswa-siswi SD dan SMP di Kukar yang dikemas dalam berbagai perlombaan. Seperti seni mendongeng, betarsul, menyanyi, belocoan, dan lain-lain. 

Didi berpesan agar para peserta bersemangat, rajin, dan tekun dalam belajar.

“Selamat berlomba, menang atau kalah tidak menjadi soal. Yang terpenting adalah bersemangat, rajin, dan tekun dalam belajar,” tutupnya. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: