Sebanyak 1.374 Pelaku Usaha Ajukan Kredit Kukar Idaman

Sebanyak 1.374 Pelaku Usaha Ajukan Kredit Kukar Idaman

Banyak pelaku UMKM di Kukar yang memanfaatkan program Kredit Kukar Idaman.-(ist)-diskominfo kukar


--

Kukar, NOMORSATUKALTIM- Sejak Program Kredit Kukar Idaman (KKI) Oktober 2021, kini tercatat sudah ada 1.374 pelaku usaha yang mengajukan kredit. 

Kepala Bidang Pemberdayaan UMK Diskop dan UMK Kukar, Dianto Raharjo, mengatakan permohonan tersebut telah dilengkapi persyaratannya dan diverifikasi oleh dinasnya. 

Selanjutnya, pengajuan Kredit Kukar Idaman ke Bankaltimtara pun bisa diproses lebih lanjut.

Jika dianggap layak mendapatkan Kredit Kukar Idaman, kata Dianto, maka pemohon juga harus menyiapkan jaminan berupa surat penting, sebagai pengikat kerja sama antara pemohon dengan pihak bank.

Kredit Kukar Idaman merupakan program bantuan modal usaha dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Program ini menyediakan anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk tahap kedua tahun 2023.

Dianto Raharjo mengatakan, program ini merupakan salah satu program unggulan Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wabup Kukar Rendi Solihin yang tercantum dalam Misi ke-2 Kukar Idaman. 

Yaitu Meningkatkan Pembangunan Sumber Daya Manusia Yang Berakhlak Mulia, Unggul, dan Berbudaya.

“Program ini bertujuan untuk membantu para pelaku usaha, untuk tidak mengajukan pinjaman ke lintah darat atau rentenir. Karena KKI bunganya nol persen. Si peminjam hanya mengembalikan pokok pinjaman,” ujar Dianto, Rabu (8/11/2023).

Bagi pelaku usaha yang ingin mengajukan KKI, dapat melalui kelurahan/desa. Kemudian kelurahan/desa mengajukan ke KCP Bankaltimtara di wilayah kecamatan terdekat. 

Jangan lupa, lampirkan tembusan Dinas Koperasi dan UKM serta kecamatan setempat dengan melampirkan rekapitulasi calon penerima kredit dalam bentuk softcopy dan hardcopy. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: