Kukar Sudah Bebas Blank Spot Internet, Dukung Digitalisasi Pemerintah Desa

Kukar Sudah Bebas Blank Spot Internet, Dukung Digitalisasi Pemerintah Desa

Tower pemancar jaringan internet di Kukar kini sudah merata. Dipastikan kini Kukar bebas dari blank spot internet. -ilustrasi.-


--

Kukar, NOMORSATUKALTIM- Pada tahun 2023 ini, tidak ada lagi desa di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang kekurangan jaringan internet. Alias zero blank spot. 

Hal ini berkat kerjasama antara pihak Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar, Kementerian Kominfo RI, dan operator seluler.

Menurut Kepala Diskominfo Kukar, Dafip Haryanto, sebelumnya ada 18 desa yang masih mengalami blank spot internet, khususnya di wilayah Kecamatan Tabang yang terletak di Hulu Sungai Mahakam. 

Namun, setelah melakukan berbagai upaya, kini semua desa tersebut sudah terhubung dengan internet. “Alhamdulillah Kukar sudah bebas blank spot,” kata Dafip, Rabu (8/11/2023).

Dafip mengungkapkan bahwa operator yang bertanggung jawab atas jaringan internet di Tabang adalah Telkomsel. “Kami mengajak operator untuk mengembangkan bisnisnya di sana,” ujarnya.

Selain itu, Diskominfo Kukar juga telah mengalokasikan dana sebesar Rp 4,9 miliar melalui APBD 2022 untuk membangun tower 4G di delapan desa. Sisanya, 10 desa lainnya ditangani oleh Kemkominfo.

Dafip menekankan bahwa keberadaan jaringan internet di semua desa sangat penting untuk mendukung program digitalisasi pemerintah desa. 

Salah satunya adalah Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskudes) yang harus online pada tahun depan.

“Siskudes harus online semua. Jadi, internet memadai harus disediakan,” tandasnya. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: