Disdukcapil Kukar Akselerasi Layanan Pencetakan KTP-el, Siapkan 20 Unit Alat Pencetakan

Disdukcapil Kukar Akselerasi Layanan Pencetakan KTP-el, Siapkan 20 Unit Alat Pencetakan

Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Iryanto.-(ist)-diskominfo kukar


--

Kukar, NOMORSATUKALTIM- Pelayanan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Kutai Kartanegara (Kukar) akan semakin cepat dan mudah. 

Hal ini karena Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kukar telah menyiapkan 20 alat pencetakan KTP-el yang akan dipasang di 20 Kecamatan di Kukar.

“Kami berharap dengan adanya alat pencetakan KTP-el ini, masyarakat dapat lebih cepat dan mudah mendapatkan KTP-el. Sebelumnya, kami hanya memiliki satu alat pencetakan KTP-el yang berada di Disdukcapil Kukar, sehingga banyak permintaan yang tertunda,” kata Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Iryanto, Senin (6/11/2023).

Iryanto mengatakan bahwa alat pencetakan KTP-el ini akan segera beroperasi sebelum akhir tahun ini. 

Alat pencetakan KTP-el ini akan dioperasikan oleh operator yang berasal dari setiap Kecamatan. Dengan demikian, pelayanan pencetakan KTP-el akan lebih dekat dengan masyarakat dan lebih merata di seluruh Kukar.

Selain itu, Disdukcapil Kukar juga telah melaksanakan program pelayanan administrasi kependudukan di tingkat Desa dan Kelurahan. 

Melalui program ini, warga dapat mengurus berbagai dokumen kependudukan, seperti perbaikan Kartu Keluarga dan akta kelahiran, melalui petugas narahubung Adminduk yang ditunjuk oleh Kades dan Lurah.

“Program ini juga bertujuan untuk mengatasi masalah blank spot area, yaitu daerah yang sulit dijangkau oleh sinyal internet. Kami bekerja sama dengan petugas narahubung di desa dan kelurahan untuk memastikan semua warga dapat mengakses layanan kami,” tuturnya.

Iryanto berharap bahwa program-program ini dapat mendukung visi dan misi Bupati Kukar untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, efektif, dan melayani. 

“Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kukar,” pungkasnya. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: