Sangasanga Akan Didesain sebagai Kawasan Peternakan Sapi, Manfaatkan Lahan Pasca Tambang

Sangasanga Akan Didesain sebagai Kawasan Peternakan Sapi, Manfaatkan Lahan Pasca Tambang

Kecamatan Sangasanga diproyeksikan menjadi kawasan peternakan sapi dengan mengambil lahan pasca tambang. -(ilustrasi-ist)-


--

Kukar, NOMORSATUKALTIM - Kecamatan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki rencana untuk memanfaatkan lahan pasca tambang menjadi kawasan peternakan sapi. 

Tujuannya untuk menjadikan Sangasanga sebagai daerah penghasil daging untuk Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang akan dibangun di Kalimantan Timur. 

Camat Sangasanga, M Dachriansah mengatakan, rencana ini terinspirasi dari PT Equalindo Makmur Alam Sejahtera (EMAS) yang telah mengembangkan lahan pasca tambang menjadi peternakan sapi di Kecamatan Tenggarong Seberang. 

“Kami berencana untuk mengembangkan ternak sapi untuk mempersiapkan kebutuhan daging di Kaltim dan IKN,” kata Dachriansah pada Sabtu (28/10/2023).

Dachriansah menjelaskan, ada tiga lokasi yang akan menjadi lokasi pengembangan ternak sapi, yaitu Kelurahan Sangasanga Muara, Sangasanga Dalam dan Kelurahan Pendingin. 

“Tahap awal sudah kami lakukan dan akan kami lanjutkan setelah 2025,” ucapnya.

Dachriansah juga menyebutkan, pada tahap awal ini, pihaknya akan bekerja sama dengan pihak swasta untuk pengembangan tersebut. 

“Mudah-mudahan rencana ini bisa terlaksana. Sangasanga harus bisa menjadi penyedia daging untuk Kaltim dan IKN,” tuturnya. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: