Kekurangan Dokter Spesialis, Novel Usul Kerja Sama RS Luar Daerah

Kekurangan Dokter Spesialis, Novel Usul Kerja Sama RS Luar Daerah

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kutai Timur, Novel Tyty Paembonan. (istimewa)--


Kutim, nomorsatukaltim – Pemerintah didorong bekerjasama dengan rumah sakit luar daerah dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) bidang kesehatan, khususnya pada tingkat tenaga spesialis.

Seperti diutarakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kutai Timur, Novel Tyty Paembonan. Novel menekankan pentingnya koordinasi efektif antara pemerintah dan lembaga pendidikan kedokteran untuk memastikan ketersediaan dokter spesialis yang memadai.

"Sebagai seorang dokter, saya memahami betapa vitalnya komunikasi antara lulusan pendidikan kedokteran dengan rumah sakit dan pusat-pusat pendidikan kedokteran di luar Kalimantan," jelasnya, Senin (30/10/2023).

Politisi yang juga seorang dokter itu mengusulkan kerjasama dapat dilakukan dengan lembaga pendidikan kedokteran di luar Kalimantan, seperti di Makassar atau Surabaya, untuk menempatkan dokter spesialis di rumah sakit (RS) Pratama di Muara Bengkal selama beberapa bulan.

"Hal ini akan membantu memperkuat layanan kesehatan di wilayah tersebut," ujarnya.

Novel berpendapat bahwa solusi untuk permasalahan ini terletak pada kerja sama dan dukungan pemerintah. “Dan yakin bahwa ada solusi yang dapat diimplementasikan,” sebutnya.

"Kita kekurangan SDM Dokter spesialis, maka seharusnya kita mengambil dan menjalin kerja sama dengan dokter di luar daerah," tambahnya.

Kata dia, bahwa metode seperti itu bisa saja dapat mengatasi permasalahan di Kutim khususnya di bidang dokter spesialis. "Semoga dengan metode seperti itu, bisa memenuhi salah satu kekurangan di bagian dokter spesialis, sehingga masyarakat setempat tidak jauh berobat," pungkasnya (*/adv/dprdkutim_23)

Post View: website counter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: