Program BLK Belum Tersosialisasi dengan Baik, Dewan Minta Perluas Informasinya

Program BLK Belum Tersosialisasi dengan Baik, Dewan Minta Perluas Informasinya

--



Samarinda, nomorsatukaltim.disway.id - Sebagai salah satu upaya meningkatkan kompetensi dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Wilayah Kalimantan Timur, Pemerintah telah memberikan banyak program melalui Balai Latihan Kerja (BLK). Hanya saja, pentyebaran informasi program yang belum meluas hingga menjangkau seluruh rakyat di Kaltim ini, mendapat atensi dari legislator di DPRD Kaltim.

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Ananda Emira Moeis mengatakan, bahwa Informasi Program yang dimiliki BLK ini dinilai masih kurang masif, sehingga pihaknya mendorong Pemprov Kaltim melalui BLK untuk terus menerus menggaungkan program-programnya.

"Masih banyak masyarakat di Kaltim ini yang belum mengetahui BLK termasuk tujuannya untuk apa. Jadi harus disosialisasikan terus kepada masyarakat, sehingga masyarakat juga bisa mengetahui dan mengikuti pelatihan kerja di sana (BLK)," ungkap Ananda Emira Moeis, Rabu (25/10/2023).

 

Politisi PDIP Kaltim ini menjelaskan bahwa, BLK merupakan salah satu fasilitas yang disediakan pemerintah untuk melakukan berbagai macam pelatihan kerja. Sehingga  melalui pelatihan itu bisa menciptakan tenaga kerja unggul yang berdaya saing di dunia kerja maupun dunia usaha.

 

Ananda meyakini bahwa melalui program pelatihan yang dilakukan akan memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat, terutama masyarakat usia kerja atau yang berumur di atas 17 tahun.

 

"Itu akan memberikan kesempatan kepada masyarakat pencari kerja. Apalagi saat ini banyak persyaratan ketika masuk ke dunia kerja, seperti harus memiliki keterampilan, mampu bekerja sesuai target, memiliki pengalaman dan masih banyak lagi. Jadi kalau mengikuti pelatihan kan ada sertifikatnya ini memberikan pelatihan, nah ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat saat melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan," sebutnya.

 

Karena itu, ia berharap kepada pemerintah untuk lebih meningkatkan lagi sosialisasi BLK kepada masyarakat. Kemudian masyarakat yang sudah mengetahui BLK bisa mengikuti pelatihan atau bisa saling memberi informasi kepada keluarga ataupun sahabat.

 

Menurut Legislator Dapil Kota Samarinda ini bahwa, BLK juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para pekerja, serta mengurangi angka pengangguran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: