Race 2 ATC Thailand: Veda Ega Menang Dramatis, Indonesia Raya Berkumandang

Race 2 ATC Thailand: Veda Ega Menang Dramatis, Indonesia Raya Berkumandang

Veda Ega merayakan kemenangannya di Race 2 ATC Thailand 2023, Minggu (29/10/2023)-(Disway/ Istimewa)-

NOMORSATUKALTIM – Veda Ega Pratama kembali ke jalur podium usai memenangi Race 2 Asia Talent Cup (ATC) seri Thailand yang berlangsung di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, pada Minggu (29/10/2023) siang.

Veda Ega berhak atas podium 1 usai memenangi duel epik dengan seterunya di ATC musim ini, Amon Odaki yang berhak atas podium 2. Sedangkan podium 3 ditempati pembalap tuan rumah, Jakkreephat Phuettisan.

Hasil balapan ini membuat pembalap muda andalan Indonesia ini kian kuat memimpin klasemen sementara dengan 181 poin. Di posisi 2 klasemen ditempati pembalap Thailand dengan 107 poin, menggusur Zen Mitani yang kini menempati peringkat 3 dengan 101 poin.

Mitani gagal menambah poin lantaran terlibat crash dengan rekan senegaranya, Shinya Ezawa.

Sementara itu, jalannya balapan, Veda Ega masih memulai dari pole position, sesuai hasil kualifikasi yang berlangsung hari Jumat (27/10/2023).

Start sempurna ditunjukkan oleh pemilik nomor 7 tersebut, sesaat setelah lampu merah dimatikan.

Namun seteru Veda, Amon Odaki yang start dari posisi 4 tak mau membiarkan pembalap asal Gunung Kidul, Yogyakarta tersebut melenggang santai di lintasan. Diikuti Phuettisan, Mitani, Ogiwara, Takahira dan Ezawa yang menjadi tujuh pembalap terdepan.

Aksi saling salip menyalip terjadi sepanjang balapan yang berlangsung selama 15 lap. Veda memang cukup dominan, tapi belum mampu melepaskan diri dari rombongan.

Sehingga serangan dari enam seteru terdepannya tak dapat dielakkan. Aksi saling bergantian memimpin mewarnai sepanjang jalannya pertandingan.

Bahkan pada lap 12, Veda yang melebar di tikungan 12, sempat melorot ke posisi 7. Pun demikian, putra sesepuh road race Indonesia, Sudarmono ini tak mau menyerah.

Peluang hadir di lap 13. Shinya Ezawa yang sedang memperebutkan posisi 1 dengan Odaki, mendadak high side dan terpental. Di saat bersamaan datang Zen Mitani, sehingga benturan tak dapat dihindarkan. Kedua pembalap Jepang ini gagal melanjutkan balapan.

Veda kembali punya peluang, dan berhasil memperbaiki posisi di urutan 2. Bersaing dengan Odaki yang memimpin balapan.

Bahkan Veda berhasil menggantikan posisi Odaki di 2 lap terakhir.

Pun demikian, Odaki belum mau menyerah. Memanfatkan slip stream, pemilik nomor start 14 ini kian agresif mencari celah. Bahkan pada lap terakhir, Odaki menyerang di tikungan 9, mengambil alih posisi 1 milik Veda.

Tapi bukan Veda namanya kalau menyerah begitu saja. Bocah 14 tahun ini berhasil memanfaatkan celah yang ditinggalkan Odaki yang sedikit melebar di tikungan 12 atau tikungan terakhir.

Veda pun menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finish. Diikuti Odaki di posisi 2 dan pembalap tuan rumah, Phuettisan di posisi 3. Lagu 'Indonesia Raya' berkumandang di podium Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand.

Sementara itu, pembalap Indonesia yang lain Reykat Fadillah finish di posisi 9, Hafidz Fahril Rasyadan di posisi 12 dan Chessy Meilandridi posisi 14.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: