Kukar Tambah Fasilitas di Pulau Kumala

Kukar Tambah Fasilitas di Pulau Kumala

Pulau Kumala, Tenggarong, Kukar.--dok. jurnalflores

NOMORSATUKALTIM – Pemkab Kukar terus berbenah. Termasuk mengembangkan sektor wisata di sejumlah destinasi.

Tahun ini Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara mengucurkan anggaran sebesar Rp 8 miliar untuk meningkatkan kenyamanan dan menambah fasilitas di objek wisata Pulau Kumala, Tenggarong.

"Pemkab Kukar terus mengembangkan sektor pariwisata di sejumlah destinasi, karena sektor pariwisata akan menjadi andalan di masa depan,” ujar Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin.

Tahun ini, lanjutnya, pengembangan wisata yang digarap di antaranya objek wisata Pulau Kumala.

Pulau Kumala menjadi salah satu destinasi yang mendapat perhatian untuk mengembalikan tingkat kunjungan ke kawasan itu, seperti sebelum pandemi.

Untuk itu, kata Rendi, pihaknya menambah wahana permainan hingga peningkatan fasilitas seperti akses jalan dari Jembatan Repo-Repo ke sejumlah wahana.

"Salah satu wahana permainan yang saat ini dalam tahap pembangunan adalah waterboom. Progres pembangunan waterboom di Pulau Kumala sudah sekitar 40 persen," katanya.

Ia menjelaskan berdasarkan informasi dari pengelola, untuk seluncuran di waterboom masih dalam proses pengiriman. Sehingga setelah datang langsung dipasang agar menambah persentase pekerjaan.

Wahana permainan waterbom di Pulau Kumala tepat di bagian tengah pulau, tak jauh dari lokasi gokart, wahana khusus untuk anak-anak.

"Selain mempersiapkan waterbom, pengelola juga menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung. Seperti lampu dan kelengkapan lainnya. Kami targetnya tahun ini rampung dan diharapkan langsung bisa dibuka untuk umum," ucap Rendi.

Setelah waterboom rampung tahun ini, lanjutnya, Pemkab Kukar tetap melakukan pengembangan di tahun 2024, salah satunya adalah penambahan wave pool atau kolam gelombang.

Kolam gelombang akan melengkapi berbagai wahana waterbom di Pulau Kumala, sehingga di kolam tersebut akan terdapat ombak buatan yang dirancang mirip dengan ombak samudra, sehingga akan menambah daya tarik bagi pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata Kukar Slamet Hadi Raharjo mengatakan waterbom akan menjadi citra baru Pulau Kumala, sehingga diharapkan tingkat kunjungan wisatawan kembali ramai seperti sebelumnya.

"Penambahan fasilitas di Pulau Kumala untuk menggaet pengunjung. Sehingga dapat meningkatkan ekonomi pengelola dan pelaku UMKM, termasuk meningkatkan pendapatan asli daerah," kata Slamet. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: