Anggaran Disdikbud Bertambah, DPRD Kukar Dorong Pengadaan Buku Gratis

Anggaran Disdikbud Bertambah, DPRD Kukar Dorong Pengadaan Buku Gratis

Abdul Rasid-(ist)-

Kukar, nomorsatukaltim – DPRD Kukar berharap agar Pemkab dapat menggratiskan seragam dan buku pelajaran sekolah. Supaya meringankan beban orang tua yang saban tahun direpotkan dengan tambahan biaya anak sekolah.

Utamanya soal buku pelajaran yang setiap tahun bisa berubah. Seiring dengan perubahan-perubahan kurikulum. Artinya setiap tahun juga harus membeli buku baru. 

“Kami sudah mendorong Pemkab Kukar untuk melakukan pengadaan seragam sekolah dan buku pelajaran gratis untuk sekolah-sekolah di Kukar,” kata Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid, Jumat (4/10/2023).

Apa yang diminta Ketua DPRD Kukar itu bukan tanpa dasar. Pada Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kutai Kartanegara (Kukar) tahun ini, mengalami kenaikan menjadi Rp 11,8 triliun. 

Tentunya ini akan berdampak signifikan pada alokasi anggaran untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar. Atau 20 persen dari total pagu itu. 

Selain itu, DPRD Kukar juga mendorong pengadaan beasiswa untuk semua jenjang pendidikan hingga perguruan tinggi.

Saat ini, kata Rasid, program beasiswa sudah berjalan dengan nama Beasiswa Kukar Idaman.

Menurut Rasid, program-program ini bertujuan untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Baik bagi masyarakat yang kurang mampu maupun yang berprestasi. 

Ia juga menginginkan Disdikbud Kukar bisa terus memperbaiki infrastruktur fasilitas pendidikan. Ia menilai bahwa itu akan sangat berpengaruh pada peningkatan kualitas pendidikan.

“Kami juga ingin fasilitas pendidikan lainnya bisa ditingkatkan agar bisa mengurangi beban biaya pendidikan orang tua,” ujarnya.

Sebegai ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid mengetahui adanya  kenaikan anggaran Disdikbud Kukar. Itu terjadi setelah Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait Evaluasi Kinerja Tahun Anggaran 2023 dan Rencana Program Prioritas Bidang Pendidikan & Kebudayaan Tahun 2024. 

Sebelumnya, kata dia, anggaran Disdikbud Kukar hanya Rp 1,5 triliun. Kini naik menjadi Rp 2 triliun pada APBD Perubahan Kukar 2023. (*/adv/dprdkukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: