Kemenkop RI Siap Bantu Pendampingan Pabrik Pengolahan Rumput Laut dan Pabrik Minyak Atsiri

Kemenkop RI Siap Bantu Pendampingan Pabrik Pengolahan Rumput Laut dan Pabrik Minyak Atsiri

Bupati Kukar Edi Damansyah (kelima kiri)saat menjamu rombongan Kemenkop-UKM. -istimewa-


--

Kukar, nomorsatukaltim - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) RI memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) dalam upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan sektor pertanian serta industri terkait.

Deputi Bidang UKM Kemenkop-UKM, Hanung Harimba Rachman, menyampaikan itu ketika melakukan kunjungan ke Kabupaten Kukar, baru-baru ini.

Kunjungan Hanung Harimba tersebut disambut hangat Bupati Kukar Edi Damansyah di Rumah Jabatan Bupati Kukar, Pendopo Odah Etam.

Dalam pertemuan itu, Bupati Edi Damansyah meminta dukungan dari Kemenkop-UKM dalam proyek pembangunan pabrik industri rumput laut di Kecamatan Muara Badak.

Bupati Edi juga menyampaikan pengembangan pabrik tepung jahe dan minyak atsiri di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu.

"Saat ini, proses pengadaan mesin untuk pabrik rumput laut di Muara Badak sedang dalam tahap lelang. Oleh karena itu, saya memohon bantuan dan pendampingan dari Kemenkop-UKM," kata Bupati Edi.

Ia berharap, pembangunan kedua pabrik ini akan memberikan dampak positif secara ekonomi bagi para petani setempat serta mendorong pertumbuhan ekonomi di kalangan masyarakat. 

Dengan dukungan aktif dari Kemenkop-UKM, diharapkan pengembangan produk pertanian di Kukar dapat dipercepat.

Hanung merespons permintaan itu dengan positif. Ia menyatakan kesiapannya untuk membantu dan mendampingi Pemkab Kukar dalam proses pembangunan dan pengembangan kedua pabrik tersebut.

Dukungan ini bertujuan untuk memastikan kelangsungan program Pemkab Kukar yang sejalan dengan visi Kemenkop-UKM, yaitu meningkatkan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah.

"Hal ini selaras dengan visi Kemenkop-UKM yang mendorong hilirisasi guna mendukung pelaku UMKM di daerah. Kemenkop-UKM siap memberikan bantuan sesuai dengan yang diinginkan Pemkab Kukar, dan saya akan mengutus tim untuk memberikan pendampingan," tegas Hanung. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: