Jumlah Titik Panas di Kaltim Tambah Lagi Jadi 278 ‘Hotspot’

Jumlah Titik Panas di Kaltim Tambah Lagi Jadi 278 ‘Hotspot’

Petugas memadamkan titik panas.-Adhi-Antara Foto

NOMORSATUKALTIMJumlah titik api di Kalimantan Timur, bertambah lagi. Kini jumlahnya mencapai 278 hotspot. Jumlah ini terus bertambah dibanding bebera hari terakhir. Dalam catatan media ini, pada Sabtu, BMKG mendeteksi adanya 69 titik panas.

Selang dua hari, tepatnya pada Senin, jumlahnya naik menjadi 199 titik panas. Dan kini, BMKG Stasiun Balikpapan dalam pantauan yang dilakukan, berhasil mendeteksi sebanyak 278 titik panas yang tersebar di Kaltim.

"Sebanyak 278 titik panas tersebut terpantau mulai pukul 01.00 hingga 16.00 Wita," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I SMAS Sepinggan BMKG Stasiun Balikpapan, Diyan Novrida, Selasa (3/10/2023).

Titik panas, menurutnya, sebagai indikator kebakaran hutan atau lahan yang terdeteksi dari suatu lokasi dengan suhu relatif tinggi dibanding dengan suhu sekitarnya.

Untuk itu ia mengingatkan agar seluruh lapisan masyarakat bisa saling menjaga dan waspada. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kasus karhutla.

Sebanyak 278 titik panas itu tersebar di tujuh kabupaten dan telah diinformasikan ke pihak terkait.  Tujuh kabupaten yang terdeteksi 278 titik panas yaitu di Kabupaten Paser 51 titik, Kutai Timur 74, Kutai Kartanegara 63, dan Berau 53, Kutai Barat 26, Mahakam Ulu terdeteksi 6 titik panas, dan Penajam Paser Utara 5 titik.

Rinciannya antara lain di Kabupaten Paser tersebar di tujuh kecamatan yakni Batu Sopang 6 titik, Batu Engau 8, Kuaro 2, Long Ikis 9, Long Kali 15, Tanah Grogot 4, dan Tanjung Harapan ada 7 titik panas, semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

“Di Penajam Paser Utara yang terdeteksi 5 titik panas tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Babulu 4 dan Penajam 1 titik, memiliki tingkat kepercayaan rendah dan menengah,” terangnya.  

Adapun di Kabupaten Kutai Barat yang terdeteksi 26 titik panas, tersebar di 9 kecamatan yakni Barong Tongkok, Dilangputi, Muara Pahu, Nyuatan masing-masing 1 titik, Bongan 8, Jempang 6, Mook Manaar Bulatn 2, Penyinggahan 2, dan Siluq Ngurai 4 titik. Semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: