Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, H Irwan : Untuk Memperkuat Integritas Bangsa dan Antisipasi Paham Radikalisme

Sosialisasi  Empat Pilar MPR RI, H Irwan : Untuk Memperkuat Integritas Bangsa dan Antisipasi Paham Radikalisme

Anggota Komisi V MPR RI H Irwan saat sosialisasi empat pilar kebangsaan. Balikpapan, DiswayKaltim.com - Anggota komisi V MPR RI dari fraksi Demokrat Dapil Kaltim H Irwan S.IP. MP memberikan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada Ratusan warga Kelurahan Sepinggan Raya Balikpapan selatan, Senin (26/11) sore di lapangan RT 02 sepinggan raya. Ke empat Pilar Kebangsaan ini yakni Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Idiologi Negara, UUD RI tahun 1945, sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara, dan Bhineka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara. Irwan mengatakan, ini adalah kali pertama dirinya melakukan sosialisasi 4 pilar di Kaltim dan Balikpapan menjadi kota pertama roadshownya. Tujuan kegiatan ini ingin langsung bertatap muka langsung dengan masyarakat. Mengingat sosialisasi 4 pilar yang biasanya hanya menyentuh kalangan masyarakat menengah ke atas. Dan dirinya ingin merubah pola tersebut.

  • “Menurut saya warga menengah ke bawah seperti inilah objek yang lebih merasakan langsung segala bentuk ancaman radikalisme yang dapat memecah NKRI. Dan mayoritas mereka ini yang belum paham apa itu nilai 4 pilar kebangsaan,” jelasnya.
Sehingga dirinya berinisiatif, untuk sosialisasi 4 pilar kebangsaan selanjutnya akan dirubah polanya. Yakni langsung dilakukan di tengah - tengah pemukiman masyarakat khususnya menengah kebawah. “Output dari sosialisasi ini diharapkan timbul pertahanan negara yang langsung datang dari tengah - tengah masyarakat bawah. Artinya pemahaman ini haris ditanamkan sejak lapisan elemen terbawah yaitu rakyat kecil, agar tidak gampang dipengaruhi faham-faham radikalisme,” ungkapnya. Ia berharap kegiatan ini mampu memberikan ketahanan yang lebih kuat di masyarakat.(adv/snd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: