Gabungkan Gerakan Tari Jepen dan Senam Modern, Rasyid: Ini Inovasi Baru

Gabungkan Gerakan Tari Jepen dan Senam Modern, Rasyid: Ini Inovasi Baru

Gerakan seni Tari Jepen khas Kutai. -(ist)-

Kukar, nomorsatukaltim – Pemkab Kutai Kartanegara menggelar lomba tari Jepen yang berlangsung mulai 11 hingga 13 Septermber 2023. Ini merupakan rangkaian perayaan HUT Kota Raja Tenggarong yang ke-241. 

 

Tarian Jepen ini merupakan bagian dari warisan budaya Suku Kutai Kalimantan Timur (Kaltim) yang mencerminkan pengaruh kebudayaan Melayu dan budaya Islam. 

 

Tari Jepen mencerminkan kebudayaan Melayu yang dinamis, atraktif, energik, dan bersahaja.

 

Selain dikonteskan, Pemkab Kukar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar juga merencanakan event pelestarian Tari Jepen pada November 2023. 

 

Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni, menjelaskan bahwa acara tersebut akan menjadi bagian dari upaya memecahkan Rekor MURI Indonesia melalui pertunjukan tarian Jepen.

 

"Kami akan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dari berbagai kecamatan, termasuk OPD, pelajar, dan komunitas senam di Kukar untuk menggabungkan tarian Jepen dengan gerakan senam modern," ungkap Aji Ali Husni, Kamis (14/9/2023).

 

Gerakan senam dengan tari Jepen ini akan dilaksanakan di Jalan Jenderal Sudirman hingga Wolter Monginsidi, yang merupakan lokasi Car Free Day (CFD), dan diharapkan melibatkan 10 ribu penari atau peserta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: