Gubernur Kaltim Isran Noor Resmikan Gedung Baru STIENUS Sangatta

Gubernur Kaltim Isran Noor Resmikan Gedung Baru STIENUS Sangatta

Kutim, nomorsatukaltim.com – Gubernur Kaltim Isran Noor meresmikan gedung baru Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nusantara (STIENUS) Sangatta, yang berlokasi di Jalan Margo Santoso, Sangatta Utara, Selasa (22/08/2023).

Acara peresmian ini dihadiri Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman; Wakil Bupati (Wabup) Kutim Kasmidi Bulang; unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda); Rektor STIENUS Sangatta Amransyah dan para dosen serta tamu undangan lainnya.

Ketika memberikan sambutan, Isran Noor menyebutkan bahwa menuntut ilmu sangatlah penting. Dengan begitu secara langsung kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)-nya akan meningkat. Karena itu yang jadi program prioritas Pemerintah Provinsi Kaltim. Menggalakan pengembangan SDM ini dari segi pendidikan.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memiliki komitmen yang kuat, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) itu ada pengembangan SDM. Berbagai macam fasilitas telah disiapkan oleh Pemprov Kaltim, termasuk pemberian Beasiswa Kaltim Tuntas yang tahun ini mencapai Rp 500 miliar,” bebernya.

Ini merupakan salah satu bukti betapa seriusnya Pemprov Kaltim dalam meningkatkan taraf kualitas SDM. Bahkan ini sudah lama disiapkan jauh hari sebelum Ibu Kota Nusantara (IKN) ditetapkan.

“Dan sarana dan prasarana itu memang berbagai macam untuk mengembangkan sumber daya ini, di bidang formal maupun non formal. Dari tingkat bawah (seperti) MTS, SD, SMP sampai ke SMA dan perguruan tinggi,” jelas Gubernur Isran.

Menurutnya, dana yang digelontorkan oleh Pemprov Kaltim untuk pembangunan gedung baru ini sebesar Rp 6,5 miliar.
Ia menilai angka itu tidak terlalu besar, namun perannya sangat besar untuk membangun dan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dirinya mengatakan, hal ini serta merta dikarenakan di era globalisasi 4.0 kini, persaingan dan tantangannya telah meningkat tinggi.

“Jadi kalau pemerintah memberikan hibah kepada sekolah-sekolah swasta, mulai dari sekolah dasar (SD), SMP dan seterusnya, tentu itu adalah lingkup daripada kabupaten/kota adalah hal yang sangat-sangat wajar,” tandas Isran, dalam sambutannya di hadapan para tamu undangan.

Terakhir, ia meminta kepada para mahasiswa kebanggaan STIENUS Sangatta untuk terus semangat dalam menuntut ilmu, terutama bagi yang baru ingin mendaftar atau baru memulai mengenyam dunia pendidikan di perguruan tinggi.

“Jangan merasa kecil, peluang untuk menuntut ilmu dengan level yang sama itu tidak berbeda dengan orang-orang yang ada di Samarinda, Jakarta, Bandung, Surabaya dan sebagainya. Bahkan di dunia internasional, anak di Kutai Timur ini banyak yang memecahkan rekor, ada 2 seingat saya yang sudah memecahkan rekor dan sekolah di Australia,” tutupnya. (*/adv/kutim23_kominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: