Tahun Ini, Kutim Punya Pusat Literasi Digital di Setiap Kecamatan

Tahun Ini, Kutim Punya Pusat Literasi Digital di Setiap Kecamatan

Kutim, nomorsatukaltim.com – Kabupaten Kutai Timur nantinya akan memiliki Pusat Literasi Digital di setiap kecamatan. Saat ini, sudah ada di Kecamatan Bengalon, Sangkulirang, Kaubun, Muara Wahau, Muara Bengkal dan Muara Ancalong.

"Sesuai target, sebelum tahun 2023 berakhir, pusat literasi digital akan sudah terbangun di seluruh kecamatan di Kutai Timur," sebut Kadis Kominfo Staper Kutim Ery Mulyadi, Senin (21/8/2023).

Ery Mulyadi menambahkan, Pusat Literasi Digital ini memanfaatkan jaringan internet yang telah tersedia di kecamatan.  Diskominfo melakukan optimalisasi pemanfaatan jaringan yang ada untuk dapat dipergunakan masyarakat secara maksimal.

Melalui Pusat Literasi Digital, kata dia, masyarakat umum bisa mengakses segala informasi maupun pengetahuan yang dibutuhkan.

Yakni dengan menggunakan perangkat keras (hardware) komputer yang telah disediakan di masing-masing kecamatan atau menggunakan tab atau smartphone. Dengan melakukan scan barcode yang telah disediakan, dengan radius sejauh kurang lebih 500 meter dari titik pusat literasi digital yaitu kantor kecamatan.

Kemudian, untuk mahasiswa, maupun siswa tingkat menengah atas dan sekolah dasar, juga dapat mengakses buku-buku pelajaran sesuai kurikulum yang dipergunakan oleh sekolah.

Karena buku-buku yang tersedia di Pusat Literasi Digital ini, telah dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, juga Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

"Saat ini, jenis buku dan informasi dipusat literasi digital sebanyak 2.500 literatur di 6 kecamatan ditambah 1.400 buku pelajaran dari jenjang pendidikan dasar dan menengah," bebernya.

Jenis buku yang tersedia dapat diperbaharui dan disesuaikan kebutuhan dan potensi yang dimiliki oleh masing-masing wilayah di kecamatan.

"Kami berharap, Pusat Literasi Digital ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat umum maupun para pelajar," pungkas Ery. (*/adv/kutim23_kominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: