Proyeksi Alokasi APBD Perubahan Kutim Tembus Angka Rp 9 T

Proyeksi Alokasi APBD Perubahan Kutim Tembus Angka Rp 9 T

Kutim, nomorsatukaltim.com- Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2023 meningkat. Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman mengungkapkan angkanya menembus Rp 9 triliun.

Peningkatan tersebut bukan secara tiba-tiba, namun berdasarkan pertimbangan kemampuan keuangan daerah. Termasuk pendapatan dan pembiayaan terdapat peningkatan jumlah pendanaan yang dapat dialokasikan dalam APBD perubahan tahun 2023.

"Atau dengan kata lain, anggaran kita mengalami peningkatan mencapai 66,18 persen, dari yang sebelumnya senilai Rp 5,9 triliun menjadi 9,070 triliun," kata Bupati Ardiansyah dalam Rapat Paripurna ke-21 tentang Penyampaian Nota Pengantar Pemerintah mengenai Rancangan Perubahan KUA dan PPAS Tahun 2023, di Ruang Utama DPRD, Kamis (03/08/2023) siang.

Pada rapat yang dipimpin Ketua DPRD Kutim Joni, Bupati Ardiansyah menyampaikan perubahan RKPD Kabupaten tahun 2023. Pemkab Kutim memproyeksikan peningkatan daerah jika dibandingkan dengan proyeksi sebelum peningkatan, mencapai Rp 5,945 triliun menjadi Rp 7,41 triliun.

Adapun arah kebijakan belanja daerah pada RKPD perubahan tahun 2023, tambah Ardiansyah, secara umum pemkab sudah menyusun beberapa program pembangunan, di antaranya untuk pembiayaan Multi Years Contract (MYC), pemenuhan program prioritas.

"Pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari pembiayaan Forest Carbon Partnership Facility Carbon Found (FCPF-CF) yang merupakan insentif penurunan emisi gas rumah kaca dari World Bank, termasuk pembayaran hutang daerah tahun anggaran 2022," ujarnya. (*/adv/kutim23_kominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: