Gubernur Isran Noor Resmikan Gedung Baru Samsat di Kutim

Gubernur Isran Noor Resmikan Gedung Baru Samsat di Kutim

Kutim, nomorsatukaltim.com – Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor meresmikan kantor baru Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), di Jalan AW Syahranie Kawasan Bukit Pelangi, Rabu (2/8/2023).

Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman menyambut baik adanya gedung kantor Samsat baru tersebut. Termasuk adanya kantor UPTD Samsat Pembantu di Kecamatan Kaubun, yang nanti juga akan diresmikan dan dikunjungi Gubernur Kaltim Isran Noor.

Dengan adanya gedung baru yang sangat representatif itu, bupati berharap berdampak terhadap pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat.

"Seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Diapenda Kaltim) ibu Ismiati tadi, Kutim menjadi salah satu penyumbang pajak terbesar dan sudah mengalami surplus 10 persen dari target yang ditentukan," kata Ardiansyah Sulaiman.

Karena itu, bupati berharao ke depan penerimaan pajak khususnya dari sektor pertambangan dan perkebunan sawit, bisa terus menjadi salah satu penyumbang terbesar pembangunan di kabupaten yang memiliki 18 kecamatan dan 139 desa dan 2 kelurahan tersebut.

"Saat ini perusahaan batu bara yang berstatus IUPK di Kutim baru PT KPC saja yang menyumbang, saya harap perusahaan lain nantinya akan segera menyusul," harapnya.

Sementara itu, Kepala Bapenda Kaltim Ismiati mengatakan, hingga pertengahan 2023, penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), BBNKB, pajak air permukaan di Kutim sudah mencapai Rp 179 miliar dari target yang ditentukan sebesar Rp 249 miliar atau sekitar 71,9 persen.

"Selain itu, Kutim juga menjadi yang terbesar di Kaltim sebagai penerima dana bagi hasil dari provinsi ke kabupaten sebesar Rp 900 miliar pada 2022 dan untuk tahun ini diperkirakan akan menerima sebesar Rp 1 triliun, " bebernya. (*/adv/kutim23_kominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: