Masalah Infrastruktur hingga Jaringan Internet Kendala Aktivasi IKD

Masalah Infrastruktur hingga Jaringan Internet Kendala Aktivasi IKD

Paser, Nomorsatukaltim.com - Ditargetkan 2023 ini aktivasi Indentitas Kependudukan Digital (IKD) mencapai angka 25 persen, khususnya bagi masyarakat yang telah memiliki e-KTP Kabupaten Paser.

"Diharapkan tahun depan sudah bisa penuh 100 persen," kata Ketua DPRD Paser, Hendra Wahyudi, usai aktivasi IKD di ruang kerjanya, Selasa (6/6/2023).

Sembari melakukan aktivasi IKD yang dilakukan oleh Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Hendra juga menerima informasi terkait jika proses ini banyak kendala yang didapati petugas di lapangan.

"Seperti aktivasi IKD yang menyasar sekolah-sekolah saat ini, banyak pelajar yang minta ganti seragam dulu, belum lagi yang perempuan mau makeup dulu," sebutnya.

Belum lagi kendala lainnya seperti akses jalan yang sulit khususnya daerah-daerah pelosok. Pihak Disdukcapil kerap kesulitan jika menemukan medan yang menguras tenaga dan memakan waktu.

"Jangkauan agak jauh dan masalah infrastruktur itu juga jadi kendalanya. Selain itu jaringan internet kerap menghambat," tuturnya.

Dirinya menyebut dengan telah dilakukannya IKD banyak kemudahan yang akan dirasakan oleh masyarakat. Seperti ingin melihat administrasi diri antara lain kartu keluarga, KTP, KIA dan akta kelahiran, cukup dengan membuka aplikasi IKD.

"Setelah IKD aktif banyak kemudahan yang akan didapat warga, seperti kemudahan untuk melihat data diri dari manapun," pungkas Hendra Wahyudi. (adv)

Reporter: Achmad Syamsir Awal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: