Jelang Nataru, Bandara SAMS Diprediksi Layani 15 Ribu Penumpang per Hari

Jelang Nataru, Bandara SAMS Diprediksi Layani 15 Ribu Penumpang per Hari

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Berbeda dengan armada laut yang diprediksi stagnan. Trafik transportasi udara di Bandara SAMS Balikpapan diperkirakan bakal meningkat hingga 50 persen jelang libur Nataru.

Keputusan pemerintah untuk meniadakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, disebut mampu meningkatkan animo maayarakat untuk melakukan perjalanan melalui udara.  

General Manager PT Angkasa Pura 1 Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Rika Danakusuma menyebut, baik pemerintah maupun AP 1 tentunya terus berkomitmen untuk meredam pandemi dan mempertahankan pencapaian-pencapaian dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Namun di sisi lain, relaksasi di beberapa bidang, seperti relaksasi persyaratan penerbangan bagi pelaku perjalanan, menjadi berkah bagi bandara. Di mana hal tersebut berpengaruh pada jumlah pengguna jasa perjalanan. Saat ini, jumlah trafik di bandara SAMS sudah mencapai angka 10 ribu penumpang per hari.

"Sebelumnya per hari, trafik penumpang bisa mencapai 9 ribu, tapi saat ini mencapai 10 ribu per hari. Itu pergerakan penumpang, jika dilihat prediksinya sekira 5 ribu kedatangan dan 5 ribu keberangkatan," ujarnya, baru-baru ini.

Rika memprediksi peningkatan itu bisa mencapai hingga 50 persen jelang libur Nataru. Bila dikonversi ke jumlah penumpang, per harinya bisa mencapai 15 ribu.

"Proyeksi kenaikan tergantung masyarakat juga karena ini tentu terkait dengan kebijakan yang diberlakukan," katanya.

Nah, adapun berbagai persiapan menyambut Nataru juga sudah dilakukan AP I.  Titik beratnya pada penerapan protokol kesehatan. Sehingga, walau jumlah perjalanan meningkat, kasus Covidnya tidak.

Selain itu, Rika menyampaikan bahwa AP I terus berkoordinasi dengan stakholder lainya untuk memastikan keamanan para pelaku perjalanan.

"Di sini kami berikan servis yang hampir sama, kan tidak boleh menurunkan servis baik dalam kondisi Natal dan Tahun Baru, tentunya harus tetap dijaga pelayanan baik di sisi kenyamanan, keamanan," tuturnya.

Sebelumnya, AP I bersama Stakeholer terkait pengelolaan Bandara (SAMS) Sepinggan Balikpapan sudah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Airport Security Committee (ASC) Ke III 2021.

Pelaksanaan ASC dilaksanakan untuk menjalin komunikasi dan koordinasi segenap komunitas bandara untuk menjaga dan meningkatkan keamanan bandara. Kegiatan itu sesuai amanat keputusan Menteri Perhubungan (Menhub) nomor KM 211 Tahun 2020, di mana ASC wajib diselenggarakan 4 kali dalam setahun. (ryn/ava)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: