Gunakan Penggerak Roda Depan, Xenia Baru Diklaim Lebih Aman

Gunakan Penggerak Roda Depan, Xenia Baru Diklaim Lebih Aman

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Mobil dengan penggerak roda depan kini menjadi tren. Meski pun dengan beragam risikonya. Namun, beberapa fitur juga mulai berbenah. Salah satunya safety atau keselamatan. Tren demikian buntut dari meningkatnya permintaan pasar. Di mana mindset pengguna roda empat kini cenderung menyukai mobil 2WD, dengan roda penggerak depan. “Dulu mindset-nya adalah mobil roda penggerak belakang. Karena infrastruktur jalan saat itu masih rusak, tidak seperti sekarang. Jalan sudah mulai mulus,” ucap Supervisor Astra Daihatsu Samarinda Hendra Ananta, usai launching All New Daihatsu Xenia, Rabu (24/11/2021) kemarin, mengutip Disway Kaltim. Perusahaan otomotif Daihatsu pun ingin mengubah mindset itu. Di mana biasanya mobil keluarga lebih dominan menggunakan roda penggerak belakang. Selain permintaan pasar, sejumlah kompetitor Daihatsu pun mulai beralih. Menggunakan roda penggerak depan. Alhasil, Daihatsu pun menyesuaikan diri. Varian terbarunya adalah All New Xenia. Mobil MPV keluarga yang melawan pakem sebelumnya. Tidak lagi menggunakan roda penggerak belakang. Nanta meyakinkan, produk Xenia terbaru kali ini lebih aman bagi pengendara. Memang dirinya tak menampik bahwa roda penggerak depan lebih banyak memicu kecelakaan. Apalagi bila dikendarai dengan kecepatan tinggi. Karena bobot mesin yang berada di depan, membuat si pengendara bakal sulit mengendalikan. Apalagi jika diisi penuh penumpang. Tapi, seri terbaru Xenia ini memiliki fitur New Global Architecture yang tidak ada di mobil Daihatsu sebelumnya. Sistem kerjanya ketika pengemudi mengerem secara mendadak, mobil tidak serta merta terguncang. “Karena distribusi rate-nya dibagi ke semua beban jadi lebih aman,” ulasnya. Kelemahan lain mobil roda penggerak depan adalah saat menaiki tanjakan. Jika tidak kuat, mobil akan berhenti bahkan turun. Di Xenia terbaru sudah tidak lagi. Sebab memiliki fitur start assist. Di mana saat berhenti di tanjakan, mobil tidak akan turun. Adapun untuk target penjualan varian terbaru Daihatsu ini, Nanta belum berani membeber. “Karena ini kan masih sangat baru. Jadi kami belum bisa sampaikan sedetail itu,” katanya. Yang pasti pasarnya adalah keluarga kelas middle. Bukan middle low atau menengah ke bawah. Karena beberapa fitur di All New Xenia sudah diperbaharui. Bahkan termasuk peringkat kedua setelah Daihatsu Rocky, khusus mobil dengan fitur keselamatan terbaik di kelas Daihatsu. Secara umum pasar penjualan Daihatsu di Kalimantan termasuk kedua tertinggi nasional setelah Sumatera. Mobil jenis pick up menempati posisi pertama penjualan tertinggi, disusul Terios, Ayla lalu Xenia. “Pick up tertinggi karena untuk memenuhi kebutuhan perusahaan batu bara dan kelapa sawit,” tutup Nanta. BOY/ENY      

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: