Diah Pitaloka: Embarkasi Haji Cocok Jadi Hotel Syariah

Diah Pitaloka: Embarkasi Haji Cocok Jadi Hotel Syariah

"Jadi sudah lama kita melayani pihak swasta (selain calon haji) misalnya perusahaan batu bara seperti PAMA. Sudah jadi langganan kami, itu tahun 2016 sampai 2019," ujarnya. 

Bahkan, sejak 2019, kata dia, banyak pihak ketiga yang berulang kali menawarkan kerja sama untuk mengembangkan Embarkasi Haji khususnya untuk mengelola Gedung Zam-Zam. Misalnya seperti Accor Group yang terkenal dengan jaringan perhotelannya. Selain itu tawaran kerja sama juga sudah berulangkali disampaikan OYO.

"Namun lagi-lagi regulasi yang mengatur kerja sama itu tidak ada sampai saat ini," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Balikpapan, Johan Marpaung membenarkan bahwa selama ini pemanfaatan fasilitas Embarkasi Haji di Batakan terbentur dengan regulasi. Lantaran selama ini, asrama haji cuma dimanfaatkan selama sekira empat bulan. Khusus untuk menyiapkan para calon jamaah haji.

"Nah delapan bulannya bagaimana dimanfaatkan,” katanya.

Menurutnya, harus ada aturan yang diterbitkan oleh kementerian terkait seperti Kementerian Keuangan, demi pengembangan penggunaan Embarkasi Haji. Pasalnya pendapatan dari pengembangan usaha di Embarkasi Haji akan menjadi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). RYN/AVA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: