Kenalkan Kehidupan Kampus, UMKT Sukses Gelar PKKMB pada 2.067 Mabanya

Kenalkan Kehidupan Kampus, UMKT Sukses Gelar PKKMB pada 2.067 Mabanya

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Walaupun Tanah Air masih dirudung pandemi COVID-19. Tekad Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul tak pernah surut. Teranyar, perguruan tinggi yang berlokasi di Jalan Ir. Juanda, Samarinda ini menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) kepada 2.067 mahasiswa barunya.

Agenda yang berlangsung secara virtual pada Senin 23 Agustus 2021 itu dimulai pada pukul 08.00 Wita. Dihadiri dan dibuka langsung oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kaltim, KH Suyatman dipandu MC acara, Ade Ismail. Turut pula hadir Ketua Badan Pembina UMKT Kaltim, Dr (HC) Zulkifli Hasan dan Rektor UMKT, Bambang Setiaji.

Selain mendengarkan paparan dari para petinggi kampus dan Muhammadiyah, mahasiswa juga diperlihatkan seluruh fasilitas perkuliahan. Yang sudah mengalami kemajuan pesat beberapa waktu belakangan. Serta alur akademik dan kegiatan kemahasiswaan apa saja yang bisa diikuti mahasiswa untuk lebih mengeksplor diri.

Hal ini, menurut Rektor Bambang Setiaji adalah untuk memudahkan adaptasi mahasiswa dengan lingkungan kampus dan segala kegiatan yang ada di UMKT. Sehingga dapat menambah motifasi para mahasiswa baru mengampu perkuliahan ke depannya.

"(Mengenalkan) Kampus UMKT sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya. Selain itu, juga menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal," ungkap Bambang Setiaji.

Ia berharap, ketersediaan berbagai fasilitas di kampus dapat dimaksimalkan oleh mahasiswa untuk menuntut ilmu atau pun mengekspresikan minat dan bakat mereka. Hal terpentingnya, mahasiswa dapat menikmati fasilitas itu dengan khidmat.

Sementara itu, Ketua Badan Pembina UMKT Kaltim, Zulkifli Hasan juga ikut memotivasi mahasiswa baru untuk bangga mengenakan almamater UMKT. Ia mengingatkan bahwa para mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut, adalah orang-orang pilihan. Sehingga perlu rasa syukur dalam bentuk kesungguhan dalam belajar kelak. apalagi, UMKT merupakan salah satu kampus terbaik di Tanah Air yang terus menjalankan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

"Masih banyak di luar sana mereka yang tak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan perguruan tinggi. Sehingga ini menjadi kesempatan kalian untuk menuntut ilmu di UKMT," kata pria yang tengah menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI ini.

Ia berpesan agar mahasiswa baru ini untuk terus menjunjung tinggi kesatuan dan persatuan bangsa ini dari berbagai bentuk perpecahan. Sebagai mahasiswa sudah sepatutnya menjadi generasi perubahan yang akan melanjutkan perjuangan bangsa.

"Kita hrus memperkuat persatuan untuk berbangsa. Agar kita dapat menjadi rakyat berdaulat. Sehingga menciptakan kesetaran dan keadilan," pesannya.

Hal tersebut pun senada dengan harapan Ketua PW Muhammdiyah Kaltim, KH Suyatman. Ia sangat berharap agar para mahasiswa baru dilancarkan dalam prosesnya menjadi seorang umat, sehingga dapat membawa bangsa dan negara ke arah yang lebih baik kelak.

"Muhammdiyah merupakan gerakan dakwah islam amal ma'ruf yang bersumber dengan Al Quran dan Ass-Sunnah. Dengan semangat perjuangan Islam yang sesuai dengan landasan bangsa kita," pungkasnya. Adv/top/ava

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: