Dorong Mentawir Jadi Daerah Wisata Maju

Dorong Mentawir Jadi Daerah Wisata Maju

PPU, nomorsatukaltim.com - Wisata mangrove di Kelurahan Mentawir, Sepaku jadi perhatian khusus Anggota DPRD PPU dapil Sepaku, Muhammad Bijak Ilhamdani. Maka dari itu ia dorong Mentawir menjadi wisata maju.

Menurutnya, wisata hanya salah satu potensi perekonomian yang ada di sana. Masih ada potensi perikanan seperti tambak, dan pertanian seperti sawah dan perkebunan.

"Selain dari sektor itu, ada juga potensi dari segi pariwisatanya mulai dari air terjun, arum jeram, hutan mangrove dan masih banyak lagi," kata Bijak saat dihubungi media ini pada Minggu (7/3/2021). Reses kali ini dilakukan Bijak dengan suasana lebih santai. Di tempat terbuka dan lebih banyak berkeliling mengunjungi rumah warga sambil melihat potensi wisata dan ekonomi kreatif. Banyaknya pengrajin bambu setempat juga menambahkan keunggulan. Menurutnya, hasil produk-produk dari pengrajin setempat sangat bagus. Kendati demikian, produksi kerajinan tersebut masih terbatas. "Produknya sangat bagus, yang membuat juga punya skill dan benar-benar seriusi. Sementara karena produksi masih terbatas, jadi penjualannya masih sistem PO (pre order)," katanya. Maka itu kelurahan ini yang ditunjuk mendapat pembinaan langsung dari Kemenparekraf. Yang diproyeksikan sebagai Daerah Wisata Maju. Adapun Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mentawir telah membina beberapa anak muda. Untuk mengembangkan dan memajukan potensi wisata setempat. Agar dapat menjadi salah satu destinasi yang dikenal masyarakat luar. Yang patu juga menjadi perhatian ialah bakalan pindahnya ibu kota negara (IKN) ke Kaltim. "Sungguh reses ini menjadi tambahan semangat bagi saya. Khususnya dalam melindungi eksistensi warga setempat saat pemindahan Ibu Kota nantinya. Walaupun masih banyak kendala yang dimiliki Kelurahan Mentawir, Insyaallah dengan ikhtiar dan doa, pelan-pelan kita bisa menjawab harapan Kelurahan Mentawir," tutup Bijak. (ADV/rsy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: