Tegal dan Brebes Tertarik Kerja Sama Pertanian di Kaltim

Tegal dan Brebes Tertarik Kerja Sama Pertanian di Kaltim

Pejabat Brebes Narjo dan Tegal ingin belajar dan bekerjasama dengan Kaltim. (Hadid/DiswayKaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Eks Karesidenan Pekalongan mengadakan kunjungan ke Kantor Perwakilan (KPw) BI Kaltim. Daerah tersebut ingin belajar cara kendalikan inflasi. Termasuk kerja sama bidang lain.

"Ini hari bersejarah. Pemindahan lokasi ibu kota negara (IKN) ke Kaltim disambut mereka. Untuk itu kami fasilitasi untuk membahas kesejahteraan ekonomi nasional," tutur Kepala KPw BI Kaltim  Tutuk SH Cahyono.

Sementara itu Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan memiliki 12 pengusaha penyedia komponen kapal dan otomotif dengan standar internasional. Selain itu daerahnya juga menghasilkan sayur dan buah-buahan berkualitas.

Mulai dari kubis, bawang daun, wortel, lombok, tomat, nangka, durian, rambutan, manggis, mangga, petai, jengkol, kedelai, dan padi. Kata dia, hasil pertanian Kaltim yang hanya sekitar 7,6 persen menjadi peluang kerja sama yang baik.

"Kami berharap ada tindak lanjut pertemuan ini," ujar dia.

Wakil Bupati Brebes Narjo mengatakan daerahnya pemasok 70 persen stok bawang merah nasional. Dia menyebut ingin menjadi mitra dagang Kaltim khususnya komoditas bawang merah dan batik. Selain itu ada pula cabai merah, kubis, kol, dan kedelai yang berkualitas.

"Saya harap kerja sama ini diterima dengan baik," sebut dia.

Terpisah, Asisten II Bidang Sosial, Ekonomi, Pembangunan Pemkab Mahulu Chen Tek Hen mengatakan, daerahnya lebih cocok bekerjasama di bidang pertanian. Sebab Mahulu punya lahan yang luas tapi belum ada SDM yang ahli untuk mengelola.

"Dengan ini kami harapkan produktivitas pertanian di Mahulu meningkat. Kami harap bisa difasilitasi," urai dia. (hdd/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: