Golkar Rahasiakan Biaya Pendaftaran Calon Wali Kota

Golkar Rahasiakan Biaya Pendaftaran Calon Wali Kota

Hatta Zainal. (qn/DiswayKaltim)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Samarinda membuka pendaftaran penjaringan bakal calon wali kota Samarinda. Pengambilan formulir gratis. Namun saat pengembalian harus bayar.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Golkar Samarinda, Hatta Zainal. Ia menyebut formulir yang tersedia dapat diambil secara gratis. Namun ketika pendaftar mengembalikan, panitia mengenakan biaya.

“Semacam biaya ikatan. Karena kalau saya bebaskan, ada orang-orang yang mendaftar yang kapabilitasnya memenuhi syarat. Masa semua orang bisa daftar,” ucap Zainal, Jumat (6/9/2019) siang.

Golkar belajar dari pengalaman saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim tahun lalu. Kata dia banyak calon tidak serius dan tak kompeten, ramai-ramai mendaftarkan diri.

“Seperti itu kan mengganggu proses yang kita lakukan di partai. Biaya ini bukan untuk apa-apa. Hanya untuk ikatan saja,” sebutnya.

Disinggung besaran biaya yang dikenakan kepada setiap orang yang mendaftarka diri, Zainal merahasiakan. Ia justru berdalih, biaya hanya bentuk komitmen.

Pengambilan formulir dapat dilakukan hingga 14 September. Kemudian batas akhir pengembalian yakni 21 September 2019.

Tahapan selanjutnya, DPD Golkar Samarinda akan menyampaikan nama-nama yang telah terdaftar dalam proses penjaringan calon tersebut. Kemudian DPP akan memilih satu orang untuk diusung sebagai calon wali kota atau wakil walikota.

Sejumlah tokoh telah mengambil formulir. Di antarnaya Zairin Zain, Meiliana, Apri Gunawan, dan Ridwan Tassa.

“Belum ada yang mengembalikan formulir,” bebernya. (qn/boy)

Baca juga: Biaya Pendaftaran Calon Wali Kota Rp 25 Juta, PDIP : Ini Dana Gotong Royong 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: