Kukar Target 80 Persen Anggaran Pembangunan Infrastruktur Terserap

Kukar Target 80 Persen Anggaran Pembangunan Infrastruktur Terserap

Kukar, nomorsatukaltim.com - Jelang tutup tahun 2020, yang kurang dari dua bulan lagi. Pemerintah Daerah Kutai Kartanegara (Kukar) terus kebut pengerjaan proyek infrastruktur. Karena sejauh ini, realisasi fisik pembangunan di Kukar baru di angka 60-70 persen. Masih jauh dari ekspektasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono mengatakan. Proyek yang bakal dikebut seperti peningkatan infrastruktur jalan. Pembuatan dan perbaikan sistem drainase, perawatan jalan dan jembatan. Dan peningkatan sekitar wilayah CBD Tenggarong.

"Kalau realisasi keuangannya di angka 50 persen, dari pagu anggaran yang disiapkan untuk pembangunan fisik dan infrastruktur," jelas Sunggono pada Disway Kaltim, Kamis (12/11/2020).

Sunggono yakin, hingga tutup tahun nanti. Pembangunan di Kukar yang dianggarkan pemerintah daerah, bakal tembus di angka 80 persen.

Tapi Sunggono menyanggah, jika sisa 20 persen tidak terlaksana karena kurangnya perhitungan yang tidak matang. Namun dikarenakan sempat adanya penghematan. Karena lewat deadline yang ditetapkan, hingga gagal lelang.

Karena diakuinya, sempat ada aturan berbentuk edaran dari pemerintah pusat. Yang melarang adanya lelang kegiatan fisik. Ya lagi-lagi memang karena COVID-19.

"Pengaruh COVID-19 (memang) cukup besar," pungkas Sunggono.

Memang diberitakan sebelumnya. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) selaku dinas teknis yang diamanatkan, untuk melakukan serangkaian pembangunan di Kukar. Diberikan Pagu Anggaran hingga Rp 700 miliar.

Dari yang dianggarkan, fokusnya yakni melakukan pembangunan di tiga sektor. Yakni infrastruktur jalan, pertanian, dan bangunan. Anggaran besar itu pun tidak serta-merta langsung digelontorkan pemerintah daerah. Namun secara bertahap, sesuai kemampuan keuangan daerah. (mrf/ava)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: