Capek Diserang Banjir, 2 Proyek Drainase Dikebut Pengerjaannya

Capek Diserang Banjir, 2 Proyek Drainase Dikebut Pengerjaannya

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Dua proyek drainase saat ini dikebut. Target selesai Desember mendatang. Proyek ini diharapkan mampu menanggulani masalah banjir di sebagian daerah Balikpapan.

Dua lokasi itu yakni di Jalan Letjen Suprapto, Balikpapan Barat. Hingga Rabu (21/10) kemarin, alat berat sedang mengeruk jalan di gang tersebut. Para pekerja turut mengerjakan pengerukan dan pemasangan drainase beton.

Baik di saluran di sekitar Kantor Perwakilan Diraja Malaysia, mau pun tembusan aliran air drainase. Aliran disitu nantinya mengarah ke laut. Tepatnya di Gang Sepaku.

"Pekerjaannya sampai Desember. Setelah itu ada pekerjaan crossing di jalan Letjen Suprapto," ujar Kabid SDA dan Drainase Dinas PU Balikpapan Rita.

Pekerjaan crossing yang dimaksud ialah pembuatan aliran drainase baru di badan jalan. Ia belum memastikan apakah hasil akhir dan bentuk konkretnya berupa jembatan. Atau hanya berbentuk selokan di bawah jalan.

Baca juga: Asyik, Bansos Warga Balikpapan Cair Bulan November

Proyek yang sama juga dilakukan di Jalan Mayjen Sutoyo, Gunung Malang, Balikpapan Tengah. Jalan tembusan yang mengarah Jalan Siaga, saat ini masih ditutup. Agar mempermudah proses pengerjaan drainase.

Sebelumnya, Kepala DPU Balikpapan Muhammad Andi Yusri Ramli menjelaskan alokasi APBD untuk penanganan banjir dipangkas. Tersisa sekitar Rp 73 miliar. Imbasnya beberapa proyek tertunda.

Sementara itu untuk anggaran banjir di tahun 2021 juga diprediksi tidak maksimal. Lantaran APBD akan difokuskan pada penanganan pandemi yang terpusat pada sektor kesehatan, dan program-program pemulihan ekonomi.

"Memang ada masukan dari beberapa pihak terkait masalah banjir. Seperti normalisasi Sungai Ampal dan beberapa titik lainnya. Tapi kita lihat dulu anggaran yang dialokasikan tahun depan," urainya. (ryn/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: