7 Langkah Meningkatkan Imunitas

7 Langkah Meningkatkan Imunitas

"Sebenarnya berenang, itu juga bagus. Tapi karena COVID, kolam renang kan jadi sepi. Jadi saya sarankan olahraga ringan di rumah. Misalnya senam dan angkat barbel untuk memperbesar massa otot," ucapnya.

Tips terakhir dari Meiliati, adalah istirahat yang cukup. Yakni 8 jam per hari. Dan jangan stress. Karena stress akan menurunkan sistem imun sehingga rentan terserang penyakit.

Kurangi Asupan Kabar Negatif

Instruktur kebugaran Titiek Kifanan menyebut, upaya menjaga kesehatan dan imunitas tubuh ialah menjaga kebersihan dan mengatur pola makan. Lalu menjaga pikiran tetap positif dan bahagia.

"Kurangi membaca atau menonton kabar negatif. Karena itu mempengaruhi psikologis kita. Bawa happy dan enjoy aja. Misalnya dengan olahraga yang memacu semangat," terang instruktur senam zumba ini.

Ia pun menyarankan, agar masyarakat bisa melakukan senam di rumah secara rutin minimal 15 menit hingga 1 jam. "Biar cuma lari-lari di tempat atau senam kecil tidak apa apa. Yang penting tubuh bergerak," tandasnya.

Cara lainnya dengan yoga. Aktivitas olah tubuh dan pikiran ini dapat membantu meningkatkan kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan.

"Yoga ini bisa diandalkan untuk meningkatkan imun tubuh. Karena yoga itu melatih pernapasan. Terutama pranayama,  untuk membantu paru-paru kita lebih kuat bekerja. Sehingga mampu lebih banyak menangkap udara," terang Gita Nurhati. Ia pelatih yoga.

Gerakan yoga sendiri, kata dia, juga banyak berfungsi meredakan stress. Meminimalisasi tingkat stress pada pikiran dipercaya dapat memperkuat sistem imun. Di tengah pandemi COVID-19 ini, yoga sebaiknya dilakukan secara mandiri di rumah. Dengan mengikuti instruksi yoga dari video-video YouTube.

"Di YouTube ada banyak video yoga for beginner. Tapi untuk latihan lebih lanjut, sebaiknya memang dituntun instruktur," ungkapnya.

Karena jika tidak mengetahui teknik gerakan yoga yang benar. Dikhawatirkan akan menimbulkan cedera. Aktivitas yoga pun tak menyita banyak waktu. Cukup dilakukan seminggu 3 kali dengan durasi 30 menit setiap latihan. Atau 2 kali seminggu dengan durasi 60 menit.   

Jadi, ada banyak cara meningkatkan sistem imun tanpa harus menonton film di bioskop. Meski menonton film bisa menjadi salah satu cara menangkis stress, tapi berkumpul dalam satu ruangan bisa mempercepat penyebaran wabah. (krv/yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: