Perumda Batiwakkal TOP of the TOP

Perumda Batiwakkal TOP of the TOP

Raih Empat Penghargaan

Kabupaten Berau kembali mencetakkan prestasi tingkat nasional. Kali ini, empat penghargaan diboyong dalam kontes bisnis terbesar di Indonesia. TOP BUMD Awards 2020 yang diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta. Penghargaan diraih Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Bumi Batiwakkal.

Empat penghargaan versi majalah TOP Business, yakni TOP Pembina BUMD 2020 diberikan kepada Bupati Berau Muharram, TOP CEO BUMD 2020 pada Direktur Perumda Bumi Batiwakkal Saipul Rahman, TOP of the TOP BUMD dan TOP BUMD Awards 2020 sektor PDAM #Bintang 5 kepada Perumda Air Minum Batiwakkal.

Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2020, M lutfi Handayani mengatakan, kegiatan ini merupakan penilaian dan pemberian penghargaan tahunan yang tertinggi dan terbesar diberikan kepada BUMD-BUMD berdasarkan kinerja terbaik, melalui rutmen, inflasi maupun berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

Kegiatan yang diselenggarakan majalah TOP Business sejak 2016, diikuti 163 BUMD dari 1.149 BUMD di Indonesia. Namun, hanya 119 BUMD telah mengikuti proses penilaian secara lengkap.

Tujuannya, mendorong peningkatan kinerja layanan desa dan kontribusi BUMD dalam pembangunan perekonomian, penyediaan pemanfaatan umum dan percepatan pemulihan ekonomi nasional. Karena BUMD yang hebat, tentu TOP kinerja bisnisnya, TOP layanan dan TOP kontribusinya membangun daerah. Serta mendorong pengelolaan BUMD berlandaskan prinsip manajemen profesional, berbudaya inovasi berdasarkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Tentu meningkatkan dukungan dan komitmen kepala daerah selaku pemegang saham, sekaligus pembina BUMD, agar terus menfasilitasi dan mendukung peningkatan kinerja layanan dan keberhasilan pembangunan daerah. Dengan memberikan apresiasi atau penghargaan tertinggi kepada BUMD, CEO dan pembina.

Diharapkan, prestasi dapat meningkatkan semangat manajemen. Dan karyawan terus berinovasi perbaikan dalam meningkatkan kinerja layanan daya saing secara berkesinambungan.

Bukan hanya sekadar pemberian penghargaan. Di dalamnya, mengedepankan aspek pembelajaran bersama, terutama pada peserta. Pihaknya selalu membudayakan adanya sesi nilai tambah dalam mewawancarai penjurian. Atau works yang diselenggarakan. Memberikan saran dan masukan kepada peserta sebagai feedback dan input untuk perbaikan kedepan.

Dengan harapan, BUMD terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan usahanya. Sehingga dapat lebih berkontribusi dalam pembangunan perekonomian berkelanjutan. Baik di daerah hingga nasional.
“Jika seluruh BUMD hebat, permasalahan ekonomi negara, kemiskinan daerah dan permasalahan bangsa dapat dituntaskan. Saya yakin itu,” tuturnya.

Ketua Dewan Juri TOP BUMD Awards 2020, Djohermasansyah Djohan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu momentum penting dalam pembangunan perekonomian nasional. Dapat berperan aktif dalam mempercepat pembangunan perekonomian di daerah, sekaligus meningkatkan pemerataan pembangunan di Indonesia. Sehingga, pertumbuhan positif perekonomian nasional dapat tercapai. Begitu pula dengan penguatan ekonomi daerah.

Lanjut Djohan, penilaian dilakukan dengan metode survei, pengisian kuesioner dan wawancara penjurian. Tahap pertama, dilakukan penentuan 200 BUMD terbaik dari 1.149 BUMD. Seleksi menggunakan data publikasi dan rekomendasi dari asosiasi sektor bisnis BUMD.

Setelah terpilih, dilanjutkan penilaian tahap kedua, dengan mengirimkan kuesioner pertanyaan dari beberapa bidang manajemen. Meliputi kuesioner keuangan, human capital, pemasaran, manajemen kinerja dan prestasi CEO BUMD.

“163 BUMD ikut penilaian tahap kedua. Dan 119 BUMD mengikuti proses penilaian secara lengkap. Termasuk penilaian tahap ketiga, yakni wawancara penjurian,” paparnya.

Kriteria utama penilaian, mengacu pada tiga aspek penting. Yaitu, pencapaian kinerja (assignment), peningkatan (improvement) dan kontribusi (contribution). Aspek itu menjadi dasar dan penentuan level bintang dalam TOP BUMD Awards 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: