Kubar Telah Siap Jika Terjadi Karhutla

Kubar Telah Siap Jika Terjadi Karhutla

“Jadi ada yang turut mengawasi juga. Sebagai bentuk antisipasi kelalaian. Karena sekarang sedang peralihan musim. Debit hujan sangat kecil,” lanjutnya.

Atas beberapa upaya di atas. Secara terpisah Pj Sekda Kubar, Ahmad Sofyan berharap kemungkinan karhutla di wilayah Kubar kian menurun setiap tahunnya. Pun jika kadung terjadi. Penanggulangannya tidak lama, sehingga tidak menyebar lebih luas. Terpenting adalah semua unit yang terkoneksi bisa menjalin kerja sama yang baik.

“Saya imbau seluruh pemangku kepentingan meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang sudah terbangun baik selama ini. Jika terjadi karhutla dalam tahun ini dapat diatasi bersama dengan cepat dan tepat,” ujarnya singkat.

Kodim 0912 Kubar juga tak tinggal diam. Berkaca pada beberapa tahun terakhir sering terjadi karhutla di Kubar dan Mahakam Ulu.

Pekan lalu Kodim 0912/KBR menggelar apel gabungan, gelar pasukan antisipasi dalam penanganan karhutla.

“Fungsinya untuk mengecek personel maupun materil dalam penanganan karhutla,”  kata Komandan Kodim 0912 Kubar, Letkol Inf Anang Sofyan Effendi.

Polres Kubar juga telah siap bergerak dalam antisipasi dan pencegahan karhutla di Kubar dan Mahulu. Di bawah pimpinan Kapolres AKBP Roy Satya Putra telah menyiapkan personel untuk bersama tim gabungan.

“Polres Kubar siap setiap saat. Untuk terjun ke lapangan kapan saja terjadi karhutla. Utama persiapan personel,” tegasnya.

BPDB Kubar telah melakukan pemetaan kawasan sumber air di dekat kawasan potensi kebakaran. Sehingga saat ini telah dibangun embung di sejumlah kampung dan kecamatan di Kubar yang diperkirakan sulit untuk mendapatkan air saat terjadi karhutla.(imy/ava) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: