Rusia Tawarkan Vaksin Corona ke Indonesia

Rusia Tawarkan Vaksin Corona ke Indonesia

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva. (Int)

Jakarta, nomorsatukaltim.com - Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengatakan, Lembaga Dana Investasi Rusia (Russian Direct Investment Fund/RDIF) menawarkan Sputnik V, vaksin COVID-19, ke Indonesia.

“Penawaran Sputnik V ini masuk dalam investasi maupun percobaan uji klinis,” ujar Vorobieva, Rabu (26/8).

RDIF di Rusia itu akan bekerja sama dengan Indonesia. Dalam penjualan maupun distribusi saat uji tahap klinis rampung.

“Lembaga tersebut juga siap untuk mengadakan uji klinis di Indonesia dan membuat beberapa komponen vaksin itu,” ujar Vorobieva.

Dia mengungkapkan, proposal penawaran vaksin tersebut sudah dikirimkan ke Pemerintah Indonesia. “Namun, pihak Indonesia belum memberikan respons pasti terkait tawaran Sputnik V,” katanya.

Ia mengatakan, harga Sputnik V diperkirakan dua sampai tiga kali lebih murah dari vaksin lain. Dia memastikan, Sputnik V sangat aman untuk digunakan masyarakat umum.

Sputnik V merupakan vaksin COVID-19 terdaftar pertama yang didasarkan pada ide terobosan dari kombinasi unik dua jenis vektor (Ad5 dan Ad26) yang memungkinkan untuk membentuk kekebalan jangka panjang.

“Gamaleya Institute menggunakan dua vektor adenovirus (sekelompok virus yang menyebabkan infeksi pernapasan). Yaitu Ad5 dan Ad26. Sedangkan perusahaan-perusahaan farmasi lain hanya menggunakan satu vektor,” kata dia.

Pendekatan tersebut memiliki keunggulan yang jelas dibandingkan perusahaan farmasi lain yang hanya menggunakan satu vektor.

Selain itu, penggunaan teknologi yang digunakan untuk membuat vaksin tersebut sudah dikembangkan lama dan bertahun-tahun.

Uji klinis Sputnik V tahap I dan II berhasil diselesaikan pada Juni-Juli 2020. Hasil uji klinis dalam dua tahap itu sangat menjanjikan. Dengan demikian, Rusia akan melanjutkan uji klinis tahap II pada minggu depan. (an/qn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: