Ini Bacalon Golkar untuk Pilkada di Kaltim

Ini Bacalon Golkar untuk Pilkada di Kaltim

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Setelah mengumumkan usungan bakal calon untuk 5 pilkada di Kaltim, pertengahan Juli lalu, Golkar kembali mengumumkan bacalon usungan untuk 4 daerah lainnya, yakni Samarinda, Kukar, Paser dan Kubar.

Pengumuman dan penyerahan surat keputusan (SK) usungan, berlangsung di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Palmerah, Jakarta, Selasa (25/8). "Pengumuman dan penyerahan SK-nya, hari ini di Jakarta," kata Sekretaris DPD Golkar Kaltim, Husni Fahruddin.

SK, diberikan kepada bacalon yang diusung oleh jajaran DPP Golkar, didampingi DPD Golkar Kaltim.

Menurut Ayub ---sapaan Husni Fahruddin, penentuan terhadap siapa yang dipercaya membawa perahu partai berlambang pohon beringin itu, berdasarkan hasil survei DPP Golkar. "Sehingga hasilnya objektif," tambahnya.

DPD Golkar Kaltim mengajukan lebih dari satu bacalon ke DPP. Di Samarinda dam Kukar, misalnya. Ada tiga nama bacalon yang diajukan ke DPP. Namun yang dipilih, Samarinda: Barkati-Darlis Pattalongi. Kukar: Edi Damansyah-Rendi Solihin.
"Kemudian oleh DPP, disurvei. Yang tinggi hasil surveinya, elektabilitasnya, itu yang dipilih," ungkapnya.

Saat ini, Ayub masih berada di Jakarta. Sampai beberapa hari ke depan. Di Jakarta, Ayub menunggu formulir partai yang akan diserahkan ke KPU. Setelah formulir diterbitkan seluruhnya, 9 daerah, kemudian diserahkan ke setiap bacalon.
"Masih (di Jakarta). Menunggu surat B.1-KWK. Yang dibawa ke KPU. Untuk semua bacalon. Diserahkan seluruhnya ke masing-masing bacalon, nanti setelah ini," ucapnya.

Sementara itu, Rudy, ketua DPD Golkar Kaltim menguraikan alasan partainya menentukan bacalon di Pilkada Samarinda dan Pilkada Kukar. Di dua daerah ini, sebelumnya, pihaknya mengajukan lebih dari satu bacalon ke DPP Golkar.

Pertama, Barkati-Darlis. Rudy mengatakan, salah satu alasan dipilihnya pasangan itu, karena Barkati tak punya partai. Alias bukan kader partai. Sehingga ada potensi yang bersangkutan, dapat dijadikan kader partai tersebut.
"Pak Barkati punya peluang menjadi kader (Golkar) di Samarinda" ungkap Rudy, anggota Komisi VII DPR itu.

Sebelumnya, DPD Golkar Kaltim mengajukan Andi Harun-Rusmadi Wongso, Barkati-Darlis Pattalongi dan Erwin Ihzaruddin-Apri Gunawan. Meski belakangan, mengerucut ke dua pasangan. Karena Erwin-Apri pecah kongsi.

Sementara untuk Pilkada Kukar, pilihan Golkar juga menarik. Pasalnya, DPD Golkar Kaltim juga mengajukan tiga nama pasangan. Selain Edi-Rendi, di antaranya Abdul Rasyid-Saefuddin Marzuki.
Padahal Abdul Rasyid, adalah ketua DPD Golkar Kukar. Juga ketua DPRD Kukar. Namun pilihan partainya, tak berpihak padanya. Soal itu, Rudy memberi penjelasan. Pembelaan terhadap sikap partainya. "Berdasarkan hasil survei, pasangan Edi-Rendi yang tinggi," ujarnya.

Sebelumnya, Golkar telah mengumumkan bacalon usungan untuk 5 pilkada di Kaltim. Pada Juli lalu. Yaitu Balikpapan, Bontang, Kutim, Mahulu dan Berau. Dengan diumumkannya 4 daerah lainnya tersebut, maka bacalon usungan Golkar lengkap. Untuk 9 daerah, yang menggelar Pilkada Serentak di Kaltim. (sah/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: