Trump Diduga Manipulasi Nilai Aset

Trump Diduga Manipulasi Nilai Aset

Bahan yang menjadi dasar pemanggilan telah mencapai “jumlah yang cukup”. Namun, pihak James masih kesulitan mendalami bahan lainnya.

“Selama berbulan-bulan Trump Organization membuat klaim tidak berdasar. Demi menutupi bukti-bukti dari penyelidikan yang dilakukan sesuai aturan perundang-undangan terhadap laporan keuangannya,” kata James.

“Mereka telah menghambat, menahan dokumen, dan memerintahkan sejumlah saksi termasuk Eric Trump, untuk menolak menjawab pertanyaan di bawah sumpah,” ujar James.

Dalam kasus terpisah, Presiden Trump selama satu tahun terakhir juga berusaha menghentikan penyelidikan laporannya selama delapan tahun yang diduga terkait dengan investigasi kasus pidana. Jaksa Distrik Manhattan, Cyrus Vance, yang memimpin penyelidikan itu, masih berupaya melayangkan surat panggilan untuk Presiden Trump.

Pengadilan banding federal pada 1 September dijadwalkan akan mendengar kesaksian Trump terkait masalahnya dengan Vance. Hakim sebelumnya telah menolak untuk membatalkan surat panggilan Vance.

Bulan lalu, Mahkamah Agung AS mengatakan, Trump tidak mendapatkan imunitas/kekebalan hukum dari kasus yang diselidiki oleh Vance. (an/qn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: