Jokowi Dinilai Tak Kompeten Pimpin Negara, Amien Rais: Mundur Saja

Jokowi Dinilai Tak Kompeten Pimpin Negara, Amien Rais: Mundur Saja

Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais. (Int)

Jakarta, nomorsatukaltim.com - Mantan Ketua Umum yang juga pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais (AR) mengkritik pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Yang telah berjalan selama enam tahun.

Menurut AR, kemerosotan Indonesia di berbagai sektor selama era kepemimpinan Jokowi merupakan hal yang tak terbantahkan.

Ia menyarankan Jokowi untuk mundur dari jabatannya. Bila merasa tidak memiliki kompetensi sebagai Presiden.

Selama enam tahun dipimpin Jokowi, kata AR, Indonesia mengalami kemerosotan dalam berbagai bidang.

"Jadi, menurut saya, kalau memang Pak Jokowi enggak punya kompetensi, ya resign," kata AR, Kamis (13/8).

Belum ada tanggapan dari pihak Istana terkait pernyataan AR tentang kompetensi Jokowi dan permintaan untuk mundur.

AR mempersilakan bila Jokowi ingin terus melanjutkan tugas sebagai Presiden. Dengan syarat mengubah caranya mengelola ekonomi Indonesia. Menurutnya, pengelolaan ekonomi Indonesia saat ini tidak beraturan dan terkesan hanya dibagi-bagi ke mafia.

“Ini ekonomi pasar bukan. Ekonomi kapitalis juga bukan. Ini ekonomi enggak ada aturannya. Dibagi-bagi oleh mafia itu," kata mantan Ketua MPR RI itu.

AR berkesimpulan, saat ini Indonesia dikuasai oleh mafia. Ada mafia beras, daging, cabai, garam, gula, pupuk, tepung, dan mafia hukum.

Ia juga menyarankan Jokowi melakukan reshuffle atau kocok ulang terhadap separuh menteri dalam kabinetnya saat ini. Menurutnya, separuh sosok di kabinet Jokowi tidak pantas menduduki jabatan menteri.

"Misalnya, ahli per-gojek-an jadi ahli pendidikan. Kemudian orang yang hidupnya bak surgawi tiba-tiba harus memikirkan rakyat. Jadi enggak klop sama sekali," ujar AR.

"Kalau hanya begini terus, kita semakin terpuruk. Kasihan nanti yang melanjutkan. Betul-betul kasihan," katanya. (cnn/qn)

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200813180332-32-535457/amien-rais-kalau-jokowi-tidak-punya-kompetensi-resign

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: