145 Petugas Lakukan Sensus Manual

145 Petugas Lakukan Sensus Manual

Calon petugas mengikuti seleksi sensus penduduk 2020 yang rencananya dilaksanakan September tahun ini.

Tanjung Redeb, Disway - Badan Pusat Statistik (BPS) Berau menyeleksi calon petugas sensus (PS). Untuk melakukan sensus penduduk secara manual pada September 2020.

Kepala BPS Berau, Bahramsyah menjelaskan, sensus penduduk dilaksanakan sepuluh tahun sekali. Pada 2020 ini, dilaksanakan dengan dua metode. Yakni manual dan online.

"Untuk manual dibutuhkan 145 petugas sensus,” ujarnya kepada Disway Berau, Senin (10/8).

Dia mengatakan, ada 14 orang untuk koordinator sensus kecamatan dan pemeriksa lapangan 162 orang. Tersebar di 13 kecamatan, 100 kampung dan 10 kelurahan.

"Empat kecamatan terdekat dilaksanakan dengan cara manual. Di luar itu secara online. Manual menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Menurut Bahramsyah, karena penyebaran COVID-19 masih terjadi, petugas diharapkan tidak terlalu lama di lapangan. Juga diminta menjaga jarak.

“Fokusnya petugas ke RT masing-masing. Untuk ke rumah-rumah diisi mandiri. Kemudian janjian akan diambil kapan,” katanya.

Bahram mengatakan, petugas sensus dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD). “Jika petugas datang tanpa APD dikhawatirkan akan menimbulkan kekhawatiran di masyarakat,” pungkasnya. (RAP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: