BLT-DD Kubar Tahap 5 Cair

BLT-DD Kubar Tahap 5 Cair

Bupati Kubar, FX Yapan SH menyerahkan BLT secara simbolis kepada warga di Kampung Sumber Sari, Kecamatan Baraong Tongkok, Senin 10 Agustus 2020. (Imran/nomorsatukaltim)

Sendawar, nomorsatukaltim.com – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap 5 kepada 7 kampung dalam Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dilaksanakan secara simbolis di Kampung Sumber Sari, Senin (10/8).

Bupati Kubar FX Yapan memantau langsung penyerahan BLT-DD tersebut yang dilakukan secara simbolis untuk 7 kampung. Yakni Sumber Sari, Mencimai, Rejo Basuki, Pepas Eheng, Engkuni Pasek, Sendawar, Belempung Ulaq dan Sumber Sari.

Perlu diketahui, jumlah penerima BLT-DD untuk 7 kampung sebanyak 423  kepala keluarga penerima manfaat. Bersumber dari Dana Desa (DD), dengan total BLT-DD  Rp 126.900.000.

“BLT-DD untuk meringankan beban hidup masyarakat. Penyaluran untuk tahap ke-5. Diharapkan tepat sasaran dan bermanfaat langsung,” kata bupati.

Bupati juga mengimbau dan mengingatkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK), camat, dan petinggi, agar memonitor berkelanjutan sehingga BLT-DD berjalan sesuai rencana dan ketentuan.

 “BLT DD ini diharapkan meringankan beban masyarakat pada masa pandemi COVID-19. Manfaatkan dengan baik, sehingga bisa membantu untuk menambah kebutuhan,” ujarnya.

 Sementara itu, Camat Barong Tongkok, Denasius, menjelaskan bahwa besaran BLT-DD tahap 5 tidak sebesar tahap 1, 2 dan 3 yang sudah disalurkan pada April hingga Juni lalu.

“Pada tahap 1-3 bernilai Rp 600 ribu per kepala keluarga. Sekarang hanya Rp 300 ribu. Disesuaikan dengan anggaran yang ada pada setiap kampung,” terangnya.

Salah seorang penerima BLT, Buwani (40), warga RT 04, Kampung Rejo Basuki, mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah atas BLT-DD itu.

“Terima kasih kepada Pak Bupati dan rombongan yang sudah datang ke rumah menyerahkan langsung BLT. Sangat bermanfaat buat kami di masa corona ini,” tutur ibu rumah tangga itu. (imy/ava)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: