Nam Air Batal Mendarat di Kubar, Sumariyanto : Izin Terbang Belum Ada

Nam Air Batal Mendarat di Kubar, Sumariyanto : Izin Terbang Belum Ada

Kepala Bandara Melalan, Kubar, Surmaryanto. (imran/nomorsatukaltim)

Sendawar, nomorsatukaltim.com – Kabar akan dilakukan penerbangan perdana oleh perusahaan penerbangan dengan armada Nam Air di Bandara Melalan Sendawar, Kabupaten Kutai Barat (Kubar) pada Jumat (7/8/2020), ternyata batal.

Sejumlah calon penumpang, termasuk rombongan awak media yang sudah menanti untuk peliputan sejak pukul 09.30 Wita pagi, terpaksa harus menelan kecewa. karena hingga pukul 15.00 Wita sore, ternyata memang tidak ada pesawat Nam Air mendarat di Bandara kebanggaan masyarakat Kubar tersebut.
“Iya, cancel (tunda). Pesawat Nam Air ATR-72 yang rencananya akan melakukan penerbangan perdana di Bandara Melalan ini batal saat ini,” ungkap Kepala Bandara Melalan Sendawar, Sumariyanto, memberikan keterangan resmi kepada wartawan sore kemarin.

Dia menjelaskan, alasan dibatalkannya penerbangan Nam Air tersebut di Bandara Melalan, karena belum terbitnya Flight Approval (FA) atau surat izin terbang dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI.
“Jadi ini bukannya tertunda, tapi cancel alias batal. Kita belum tahu bagaimana rencana selanjutnya,” tuturnya.

Sumariyanto menyebut, Otoritas Bandara Melalan Sendawar telah mengeluarkan slot time untuk pendaratan pesawat ATR-72 milik Sriwijaya Group tersebut.

“Persyaratan slot time sebagai lampiran pengajuan izin terbang atau FA ke Dirjen Perhubungan Udara. Tetapi disayangkan izin FA itu belum keluar. Karena Nam Air mengajukannya sehari sebelum terbang,” tukasnya.
“Kami belum bisa memastikan kapan Nam Air akan mendarat di Bandara Melalan. Itu tergantung Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub dan Nam Air,” tegasnya.

Sementara itu Perwakilan Sementara Nam Air di Bandara Melalan, Kubar, Julianto Anggi, kepada wartawan mengaku belum mendapat info jelas terkait batalnya penerbangan perdana Nam Air yang dijadwalkan berangkat dari Bandara APT Pranoto Samarinda ke Bandara Melalan.

“Mohon maaf, saya belum dapat konfoirmasi lengkap. Jadi belum bisa memberikan keterangan,” ujarnya.

Sebelumnya beredar kabar bahwa Nam Air yang menggunakan armada ATR 72-600 menggantikan maskapai Express Air (ATR-42) yang sudah hampir setengah tahun tidak terbang lagi di Bandara Melalan. (Imy/sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: