Demi Beli Smartphone Untuk Belajar Online, Bocah Kelas 5 SD Jual Kue Keliling

Demi Beli Smartphone Untuk Belajar Online, Bocah Kelas 5 SD Jual Kue Keliling

Ibnu dan Devan saat melayani seorang pembeli. (Rafi'i / nomorsatukaltim)

Kukar, nomorsatukaltim.com - Mewabahnya COVID-19, membuat terbatasnya ruang gerak masyarakat. Tak pelak, membuat seluruh kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, lebih banyak ditiadakan. Untuk mengurangi penyebaran yang meluas.

Termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pemerintah lebih memilih opsi belajar di rumah. Secara daring atau online.

Namun, tidak semua keluarga beruntung. Dengan segala ketersediaan fasilitas dan sarana prasarana. Untuk mengikuti pembelajaran secara daring. Sehingga bagi keluarga yang tidak mampu, perlu memutar otak untuk bisa memastikan anaknya bisa mengenyam pendidikan.

Tetapi masih ada juga sebagian anak, yang mencoba membantu orangtuanya. Sedikit mengurangi beban. Seperti Ibnu dan Devan. Keduanya dengan riang, menjajakan berbagai macam makanan ringan. Dengan berkeliling disepanjang Jalan Kelurahan Timbau.

Mereka berdua menjajakan, berbagai jajanan. Seperti kue basah, kue klepon, dan berbagai gorengan. Jajanan yang diletakkan diatas nampan besar dari seng. Yang dibawa diatas kepala mereka.

Saat ditanya untuk apa jualan. Mereka berdua kompak untuk membeli smartphone. Bukan untuk bermain game online. Tapi lebih untuk belajar daring. "Beli handphone buat belajar," ujar Ibnu polos.

Pelajar Kelas 5 sekolah dasar ini, selama ini menggunakan handphone milik orang tua. Untuk menunggu tugas dari guru sekolah. Dalam sehari, mereka mampu mendapatkan uang hingga Rp 100 ribu. Sebagian untuk ditabung beli handphone.

Namun mereka berjualan setelah mengerjakan tugas dari sekolah. Dan tentunya dengan ijin orang tua mereka masing-masing. Mereka mengaku senang berjualan. Tanpa ada paksaan dari orang tua. "Gak apa-apa, biar mandiri," pungkas bocah 11 tahun tersebut. (mrf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: