Rutan Kembali Terima Tahanan Titipan

Rutan Kembali Terima Tahanan Titipan

Prayitno

Tanjung Redeb, Disway - Rumah Tahanan Kelas IIB Tanjung Redeb kembali menerima tahanan titipan dari Polres Berau. Setelah sebelumnya menolak karena penyebaran COVID-19.

Kepala Rutan Kelas IIB, Prayitno mengaku telah menerima 35 tahanan dari polres beberapa hari lalu. “Total ada 790 warga binaan yang saat ini ada di rutan, termasuk 23 orang yang dititipkan Polres Berau. Ada 141 tahanan dan narapidana 649,” ujarnya saat dikonfirmasi Disway Berau, Rabu (5/8).

Dikatakan, rutan bersedia menerima tahanan setelah menjalani rapid test dengan hasil non reaktif. Pihaknya juga menerapkan protokol kesehatan saat menerima tahanan dari Polres Berau.

Selain hasil rapid test, tahanan yang diserahkan beberapa hari lalu, juga diisolasi mandiri sebelum bergabung dengan warga binaan lainnya.

“Isolasi mandiri selama 14 hari di ruangan khusus. Setelah itu baru bisa dipindahkan dan beraktivitas dengan warga binaan lainnya,” jelasnya.

Dikatakan, apa yang dilakukan saat ini merupakan bentuk kewaspadaan dalam mencegah terjadinya penularan COVID-19. Sebab menurutnya, rutan merupakan lokasi sangat rawan.
Apalagi jumlah ruangan tidak sebanding dengan banyaknya warga binaan.

“Ini yang kami khawatirkan. Sebab jika pengawasan tidak ketat, akan sangat berbahaya. Dengan kondisi ruangan sesak tentu akan memudahkan virus corona menyebar dengan cepat,” terangnya.

Bahkan kata dia, juga pihaknya hingga saat ini masih belum menerima masyarakat yang ingin membesuk keluarga yang berada di dalam rutan. (*/ZZA)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: