Dipilih Lewat Zoom, Sugiono Jabat Ketua DPC PDIP Samarinda Gantikan Siswadi

Dipilih Lewat Zoom, Sugiono Jabat Ketua DPC PDIP Samarinda Gantikan Siswadi

Samarinda, nomorsatukaltim - Sugiono terpilih. Menjadi ketua DPC PDIP Samarinda. Pasca ditinggal karena meninggalnya Siswadi. Pelantikannya akan dilakukan secara virtual.

"Dilantiknya mungkin pakai (aplikasi) Zoom," kata Sugiono, Selasa (4/8/2020). Terkait struktur pengurus katanya sudah ada penyusunan. Dimana sekretaris dipegang Achmad Sofyan dan bendahara oleh Rini Gustiana. Namun, posisi ketua DPC tidak serta merta memuluskan langkah menjadi ketua dewan. Disinggung soal ini, Sugiono memilih irit bicara. “Masih belum tahu," singkatnya.

Penunjukkan sebagai ketua DPC diakuinya tetap melalui prosedur. Seperti fit and proper test. Secara online. Sebelumnya pun DPD PDIP Kaltim juga melakukan rapat. Secara online juga.  "Kalau untuk di DPC yang ngetes dari pusat, dari DPP. Sebelumnya saya dipanggil di DPD juga. Tidak hanya saya yang dipanggil, ketujuh orang yang ada di DPRD Samarinda juga dipanggil," terangnya.

Ia menegaskan pergerakan PDI-P saat ini menunggu pelantikan pengurus selesai. Ia ingin DPC PDI-P Samarinda bisa bersatu dan bergerak seirama. Mengenai strategi, DPC akan fokus ke Pilkada dahulu. Karena penentuan ketua DPC ini merupakan salah satu syarat kelengkapan. Untuk Pilkada serentak Desember nanti. "Dan semua organisasi tidak akan jalan tanpa ada (ketua) definitif," katanya.

Ditanya soal PAW almarhum Siswadi bagaimana, ia menyampaikan hal tersebut akan berjalan sesuai aturan. Dimana suara pendukung terbanyak setelah almarhum Siswadi adalah Suryani. "Karena yang sebelumnya kan meninggal dunia. Dan itu kita akan menunggu rekomendasi dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat) PDI-P karena kita tidak bisa melangkahkan kaki tanpa adanya petunjuk," tambahnya.

Sebelumnya, Sekretaris DPC PDI-P Achmad Sofyan menyebutkan pengurus DPC lainnya terus intens berkomunikasi dan berkonsultasi dengan pengurus partai yang lebih tinggi. Yakni DPD dan DPP.

"Pembicaraannya soal mekanisme ideal untuk menjalankan pemilihan kembali Ketua ketua DPC dan Ketua DPRD kota Samarinda, mengingat satu sama lainnya berkaitan," uacpnya kala itu.

Mengenai mekanisme seperti apa yang akan dilakukan, Sofyan menyebutkan masih mengkaji regulasi terkait dan mengkonsultasikan hal tersebut. Namun ia mengatakan bahwa PDI akan mempercepat proses penetapan ketua DPC secara definitif. "Karena butuh tanda tangan dari ketua DPC secara definitif untuk penetapan bakal calon untuk pemilu, jadi saya yakin prosesnya akan berjalan cepat," pungkasnya. (nad/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: