Jangan Bergantung Tambang

Jangan Bergantung Tambang

Bupati Berau Muharram mengikuti diskusi online persiapan ibu kota negara baru di Kaltim. Sektor pertambangan menjadi salah satu pembahasan.

Tanjung Redeb, Disway – Sektor-sektor potensial pengganti tambang batu bara di Kalimantan Timur, khususnya Berau perlu dipikirkan. Menurunnya sektor tambang batu bara saat ini, berdampak besar pada perekonomian.

Menurut Bupati Berau Muharram, ketergantungan terhadap sektor pertambangan harus dihilangkan kedepan. Meski pertambangan masih menjadi penyumbang terbesar Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), namun sektor tersebut harus secepatnya digantikan.

“Kita tidak bisa lagi bergantung kepada tambang, karena ini merupakan sumber daya yang akan habis suatu saat nanti.

Dan 10 hingga 15 tahun kedepan pasti akan terganti,” jelas Muharram saat mengikuti zoom meeting Kaltim pasca ibu kota negara, Senin (3/8).

Ia menjelaskan, tingginya ketergantungan terhadap sektor pertambangan, memberikan dampak yang signifikan kepada seluruh sektor lainnya.

Seperti hal daya beli masyarakat, dengan menurunnya pendapatan dari perusahaan pertambangan, hingga membuat terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Akibatnya, daya beli yang selama ini cukup tinggi mengalami penurunan yang signifikan, dampak tersebut pun dirasakan cukup besar oleh para pengusaha perdagangan.

Lanjut Muharram, saat ini pemerintah harus mulai membangkitkan sektor-sektor lainnya yang ada di Bumi Batiwakkal. Dia menegaskan, saat ini cukup banyak sektor yang sangat berpotensi untuk dikembangkan kedepannya dalam menggantikan pertambangan. Seperti pariwisata yang mulai dikenal dan berkembang pesat dalam mendatangkan wisatawan.

“Kita juga memiliki sejumlah objek wisata yang potensial, dan tidak kalah dengan daerah lain. Kalau ini dikembangkan, maka memberikan hasil yang sangat besar, bisa kita lihat dengan daerah lain yang mengandalkan pariwisata ini.

Apalagi dengan masuknya investor untuk menumbuhkan pariwisata ini,” jelasnya.

Selain itu, masih banyak lagi sektor lainnya yang menjanjikan kedepannya, seperti perkebunan. Apalagi Berau masih memiliki lahan yang cukup luas untuk mendukung pengembangan sektor ini yang mencapai 250 ribu hektare.

Dia berharap, hasil yang akan dikembangkan ini dapat memberikan dampak besar dengan menggantikan pertambangan. “Pemanfaatan sungai besar juga dapat dilakukan untuk menghasilkan energi dengan dibangun PLTA.

Tentu dengan pemenuhan energi ini akan mendatangkan investor,” pungkasnya. HUMAS/APP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: