Tunggu Keputusan Megawati

Tunggu Keputusan Megawati

Atilagarnadi

Tanjung Redeb, Disway - Pilkada Berau semakin seksi dibahas. Terutama langkah politik PDIP menuai sorotan. Hingga kini, partai tersebut belum juga menentukan sikap. Meski dua pasangan calon dipastikan akan bertarung.

Tak heran, partai besutan Megawati Soekarnoputri masih menjadi perebutan. Perolehan tiga kursi di legislatif dapat memperkuat kendaraan politik 9 Desember mendatang.

Lantas, kemana arah dukungan PDIP, Muharram-Gamalis atau Seri Marawiah-Agus Tantomo?

Ketua DPC PDIP Berau, Atilagarnadi mengatakan, partainya tentu belajar dari pengalaman dan punya kalkulasi dalam menentukan keputusan di pilkada. Berhati-hati dalam menyatakan sikap politik. Siapa yang akan diusung.

“Itu kewenangan DPP, tentu memutuskan yang terbaik,” katanya kepada Disway Berau, Senin (3/8).

Ditanya mengenai kemungkinan arah dukungan, Gatot –sapaan Atilagarnadi, tentu yang mendaftar di PDIP diprioritaskan. Namun, tidak menutup kemungkinan mendukung di luar peserta penjaringan.

“Politik ini dinamis. Segala kemungkinan bisa terjadi. Calon saja bisa berubah, apalagi dukungan partai,” sebutnya.

Dalam menentukan pilihan, kata Dia, tentu butuh pertimbangan dan faktor. Apalagi, bakal calon kepala daerah telah menentukan pasangan secara sepihak. Tanpa melakukan konsolidasi terlebih dulu. Secara tidak langsung, sikap itu dianggap meninggalkan PDIP.

“Seharusnya, menunjuk dan merubah pasangan kami dilibatkan. Karena mendaftar di PDIP. Siapa calon penggantinya, kami juga bisa memberikan masukan. Belum tentu yang dipilih, kami setuju. Intinya komunikasi,” terangnya.

Sejauh ini, pihaknya sudah memberikan pertimbangan terkait peserta pilkada yang telah terdaftar. Proses penjaringan dilakukan secara berjenjang, mulai DPC, DPD hingga DPP, serta melaporkan perkembangan politik. Selanjutnya, menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada DPP PDIP. Siapa calon yang akan diusung di pilkada Bumi Batiwakkal.

Lalu, kapan pengumuman keputusan itu? Kata Gatot, masih menunggu keputusan DPP PDIP. Kemungkinan, keputusan rekomendasi akan disampaikan pada tahap III nantinya.

“Ketum PDIP (Megawati) yang akan memutuskan nantinya,” terangnya. */JUN/APP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: