Terlaksana dengan Protokol Kesehatan

Terlaksana dengan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan salat Iduladha digelar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Tanjung Redeb, Disway – Pelaksanaan salat Iduladha 1441 H tetap terlaksana dan lancar, dengan penerapan protokol kesehatan. Ribuan jemaah memadati Masjid Agung Baitul Hikmah Tanjung Redeb, mengikuti salat Iduladha berjemaah, Jumat (31/7).

Bupati Berau Muharram dan Wakil Bupati Agus Tantomo, serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) hadir dan berbaur bersama masyarakat, merayakan Hari Raya Kurban di masjid terbesar di Bumi Batiwakkal ini.

Bupati Muharram menjadi khatib salat Iduladha. Dalam khotbahnya, Bupati Muharram menyampaikan keteladanan Nabi Ibrahim AS dan anaknya Nabi Ismail AS, yang dengan kekuatan keimanannya telah melaksanakan segala perintah Allah SWT.

Muharram menyampaikan pesan mengenai hari raya Iduladha yang menjadi momentum mengembalikan kesucian spiritual, untuk mengasah kepedulian sosial melalui berkurban.

Selain itu, Muharram juga mengatakan, bahwa sejarah Iduladha penuh pengorbanan yang diawali dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, menyerahkan diri kepada Allah, yang di luar nalar manusia.

Dari peristiwa tersebut, ada beberapa penjabaran yang harus dimaknai oleh umat Islam, yang sabar, ikhlas, mampu melawan hawa nafsu, dan rela berkorban demi perintah Allah SWT.

“Khususnya di masa pandemik COVID-19 ini, mengubah tantanan dan kebiasaan kehidupan umat manusia, dalam menjalankan ibadah, dengan menerapkan protokol kesehatan, rajin mencuci tangan, mengunakan masker, menjaga kebersihan, kesehatan dan rajin berdoa kepada Allah SWT, agar COVID-19 segera dilenyapkan di Indonesia,” ungkapnya.

Hakikat kurban, disampaikannya adalah bagian dari rasa syukur atas nikmat Allah SWT yang selama ini dirasakan, antara lain nikmatnya mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, lidah untuk berbicara, detak jantung dan nikmat – nikmat lainnya.

“Dengan berkurban, tentu tak sebanding dengan satu kenikmatan yang diberikan kepada Allah SWT. Oleh sebab itu, setiap muslim yang diberi keluasan rezeki oleh Allah SWT, dianjurkan berkurban setiap tahun,” katanya.

Usai pelaksanaan salat Iduladha, Bupati Muharram bersama Wakil Bupati, Agus Tantomo, secara simbolis menyerahkan hewan kurban kepada Pengurus Masjid Agung Baitul Hikmah Kabupaten Berau.

Untuk selanjutnya disembelih dan dibagikan kepada masyarakat yang berhak untuk menerima di hari raya kurban tahun ini. HUMAS/APP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: