Disperindag Kutim Sidak Enam Toko, Cek Stok Dan Expired

Disperindag Kutim Sidak Enam Toko, Cek Stok Dan Expired

Disperindag Kutim Sidak Enam Toko, Cek Stok Dan Expired. (Istimewa)

Sangatta, nomorsatukaltim.com - Dinas Perindustrian Dan Perdagangan mengadakan sidak stok persediaan barang dan mengontrol masa kadaluawarsa (Expired) ke sejumlah toko di Kota Sangatta.

Kepala Disperindag Kutim, Zaini bersama Kasi Perdagangan Dalam Negeri Achmad Dony Evriady, dan Kasi Tertib Niaga dan Pemberdayaan Konsumen Aspian Wijaya langsung turun meninjau beberapa titik toko.

Dony menyebutkan sidak kali ini untuk memastikan stok kebutuhan barang akan tercukupi hingga empat bulan mendatang.

"Kita sidak barang yang expired dan stok kebutuhan barang, dan stok barang akan tercukupi hingga empat bulan kedepan," katanya Kamis (30/7).

Ia juga mengungkapkan pada inspeksi kali ini merupakan tahap awal dan hanya bersifat imbauan. Agar produk-produk panganan dan minuman yang sudah mendekati batas kadaluarsa, tidak diletakkan di tempat pajangan. Kemudian, bagi toko yang mendapatkan pasokan barang melalui sales, agar segera menukar dengan produk yang baru.

"Bagi barang yang sudah mendekati masa expired agar tidak dipajang di rak, dan jika ada pasokan barang dari sales yang sudah dekat masa tenggangnya agar segera diretur," ungkapnya.

Ia menyebutkan, untuk jenis susu pihaknya memberikan rekomendasi enam bulan sebelum masuk masa kadaluwarsa. Sedangkan untuk produk makanan, dirinya mengatakan batas akhir pemajangan bisa sampai satu bulan sebelum kadaluwarsa.

Dirinya juga mengimbau, agar para pemilik toko untuk memperhatikan setiap persediaan barang yang ada di gudangnya. Untuk menghindari adanya produk kadaluarsa yang terjual, dirinya memberi saran agar pemilik toko menerapkan sistem First In First Out (FIFO).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: