Siap Antisipasi Karhutla, Tim Gabungan Apel Gelar Pasukan di Makodim 0912 Kubar

Siap Antisipasi Karhutla, Tim Gabungan Apel Gelar Pasukan di Makodim 0912 Kubar

Tim Gabungan antisipasi karhutla di Kubar bersiaga, Tampak Dandim 0912/KBR Letkol Inf Anang Sofyan Effendi, Pj Sekda Kubar Ir H Ahmad Sofyan, Wakapolres Kompol Sukarman SH, bersama sejumlah pimpinan Forkopimda Kubar di Makodim 0912. (imy/nomorsatukaltim)

Sendawar, nomorsatukaltim.com – Ratusan personel gabungan bersama dalam Apel Gelar Pasukan kesiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan diwilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 0912 Kutai Barat (Kubar), Kamis (30/7/2020) di Markas Kodim 0912 Kubar.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, secara bersama Komandan Kodim 0912/Kbr Letkol Inf Anang Sofyan Effendi, Wakapolres Kubar Kompol Sukarman SH, serta Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kubar Ir H Ahmad Sofyan.

Dandim Letkol Anang Sofyan Effendi menegaskan, apel gelar pasukan itu dilaksanakan dalam rangka menanggulangi karhutla. Fungsinya untuk mengecek personel maupun materil dalam penanganan karhutla,” ujarnya dalam sambutannya.

Anang Sofyan Effendi menambahkan, persiapan antisipasi karhutla semakin diperkuat. Berkaca pada beberapa tahun terakhir sering terjadi karhutla di Kubar dan Mahakam Ulu.
“Biasanya wilayah Kubar memasuki musim kemarau mulai pertengahan Agustus. Yang dihadapi adalah karhutla. Tujuan apel ini, mensinergiskan instansi dan stakeholder terkait,” ujarnya.

Menurutnya, untuk menanggulangi dan antisipasi serta menangani karhutla perlu menyamakan persepsi seluruh pihak terkait.
“Tanggung jawab bersama. Yakni TNI dan Polri, Satpol PP, Tagana, BPBD, yang didalam pemerintah kabupaten.Bahkan tanggung jawab seluruh masyarakat,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Kubar FX Yapan SH dalam sambutan tertulisnya, mengimbau masyarakat se-Kubar agar selalu waspada dan mengantisipasi karhutla yang datangnya tak bisa diduga.
“Penyelesaian karhutla tidak bisa dilakukan secara parsial masing-masing pihak. Namun perlu kebersamaan stakeholder,” kata Bupati dalam sambutannya, dibacakan oleh Pj Sekda Kubar Ir H Ahmad Sofyan.

Bupati FX Yapan juga mengimbau seluruh pemangku kepentingan di Kubar, agar meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang sudah terbangun baik selama ini.
“Saya selaku kepala daerah memandang langkah ini penting. Kuatkan koordinasi seluruh instansi dan stakeholder. Sehingga jika terjadi karhutla dalam tahun ini dapat diatasi bersama dengan cepat dan tepat,” tutup Ahmad Sofyan.

Kapolres Kubar, AKBP Roy Satya Putra SIK MH menyatakan Polres Kubar telah menyiapkan personel untuk bersama tim gabungan antisipasi karhutla di Kubar dan Mahulu.
“Polres Kubar mulai saat ini telah siap setiap saat. Untuk terjun kelapangan kapanpun terjadi karhutla. Sehingga utama persiapan personel bersama tim gabungan,” katanya melalui Wakapolres Kompol Sukarman SH.

Untuk diketahui, tim gabungan karhutla dibawah koordinasi Pemkab Kubar terdiri Kodim 0912 dan Polres Kubar, BPBD, Satpol PP, Tagana, serta Dinas Kehutanan.(imy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: