Diskominfo PPU Dorong Pemuda Kreatif dengan Mendirikan Ruang Kreatif Digital

Diskominfo PPU Dorong Pemuda Kreatif dengan Mendirikan Ruang Kreatif Digital

Penajam, nomorsatukaltim.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) segera meluncurkan Ruang Digital Kreatif. Dilakukan sebagai satu komitmen dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul di sektor digital.

Kepala Diskominfo PPU Budi Santoso menuturkan program ini untuk meningkatkan potensi generasi muda. Membentuk semacam relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Untuk melakukan pengembangan program berbasis digital. "Potensi anak muda di PPU sangat laut biasa. Maka dari itu kami sediakan wadahnya," katanya belum lama ini.

Industri digital merupakan potensi baru. Yang mampu memberikan peluang kerja bagi generasi muda. Pula mendorong para penggiat kreativitas generasi muda dalam menciptakan apa saja yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami selaku dinas yang selalu berhubungan dengan digital, ingin membina anak muda di PPU yang hobi atau senang dengan digital itu," jelasnya.

Dalam wadah yang tercipta itu nanti berfungsi sebagai ruang kerja bersama. Yang dapat digunakan bagi yang mau dan mampu. Diharapkan ini mampu menumbuhkan ekosistem yang sehat di bidang kreatif digital. Serta menumbuhkan bibit-bibit digitalpreneur di PPU. "Kita kumpulkan mereka itu. Kapanpun mereka mau datang, monggo," tegas Budi.

Semisal dalam memaksimalkan potensi kreativitas pemuda melalui pengembangan aplikasi, web. Atau apapun yang berkaitan dengan digital. "Hasilnya nanti bukan hanya untuk kepentingan pribadi. Tapi untuk kepentingan bersama. Pemerintah dan juga masyarakat. Hasil dari yang mereka buat itu jelas untuk mendukung pembangunan daerah," urainya.

Ide ini lahir, lanjut Budi, saat dirinya melakukan kunjungan ke program smart city di Semarang. "Jadi di ruangan ini didesain senyaman mungkin. Tidak kaku. Jadi begitu masuk ruangan, siapa saja bisa melahirkan ide kreatif," ujarnya.

Ruangan itu berada di lantai II Kantor Diskominfo PPU. Seperti fasilitas internet gratis. Yang ditopang oleh Telkom. Ruangan juga diisi segala fasilitas yang pendukung lainnya. "Setelah persiapan semua selesai, akan segera kita launching," pungkasnya. (rsy/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: