Tiga Pasien Kontak Erat Berau-45 Sembuh

Tiga Pasien Kontak Erat Berau-45 Sembuh

Sebanyak empat pasien COVID-19 di Berau yang terkonfirmasi dinyatakan sembuh, Senin (20/7).

Tanjung Redeb,Disway – Empat pasien dinyatakan sembuh dari Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) setelah menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUD dr Abdul Rivai Tanjung Redeb.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Berau, Iswahyudi saat jumpa pers di RSUD dr Abdul Rivai, Senin (20/7).

Berdasarkan hasil pemeriksaan swab control menggunakan alat Tes Cepat Molekuler (TCM), didapati 4 hasil yang dinyatakan negatif.

"Alhamdulillah hari ini 4 pasien dinyatakan sembuh," ujarnya kepada Disway Berau, Senin (20/7).

Empat pasien yang dinyatakan sembuh adalah Hartopo Berau-40 yang juga sebagai pelaku perjalanan. Selain itu, kontak serumah atau kontak erat dengan Berau-45 pun menjadi bagian dari pasien yang dinyatakan sembuh.

Yakni Edward Aldu Setiawan (22) atau Berau-46, Sheisha Carlise Setiawan (9) dengan kode Berau-48, dan Radius Lidan Mandaso (36).

"Ketiganya merupakan warga Kelurahan Bedungun, Tanjung Redeb yang juga merupakan kontak erat dengan Berau-45," katanya.

Walaupun sudah dinyatakan sembuh. Semua pasien masih harus menjalani karantina mandiri selama 14 hari."Kami mohon kooperatif, jangan keluar rumah dulu," tegasnya.

Dengan demikian, total pasien positif COVID-19 yang menjalani perawatan sebanyak 11 kasus dari 60 kasus yang terkonfirmasi.

Dia mengimbau, masyarakat agar dapat menerima kembali ke empat pasien yang dinyatakan sembuh seperti sebelumnya.

“Ini yang kami harapkan agar masyarakat yang berada di lingkunganya dapat kembali menerima dan tidak mengatakan hal-hal yang menyudutkan lantaran baru sembuh dari COVID-19. Apalagi sampai mengucilkan ke empat pasien ini,” terangnya.

Selain itu, Dirinya juga berharap kepada masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan setiap beraktivitas di luar rumah, dengan menjaga jarak, menggunakan masker, menyediakan hand sanitizer.

Dan apabila hendak melakukan perjalanan keluar daerah atau pun pulang dari luar daerah, hendaknya melaporkan diri ke fasilitas kesehatan terdekat, sesuai prokes yang telah ditetapkan.

Begitu juga, jika tanpa sengaja melakukan kontak dengan pasien tekonfirmasi COVID-19, dapat segera melaporkan kepada Tim Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 agar dapat segera ditindaklanjuti.

“Selalu patuhi protokol kesehatan agar diri dan keluarga terhindar dari penularan COVID-19,” pungkasnya.*ZZA/*FST/APP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: