Dishub Berau: Keberangkatan Speedboat Maratua-Derawan dan Sekitarnya Sudah Terjadwal
Kepala Bidang Angkutan Darat dan Sungai Dishub Berau, Hendra Syaifuddin.-(Disway Kaltim/ Azwini)-
BACA JUGA: Dishub Berau Modernisasi Traffic Light, Anggarkan Rp40 Miliar untuk CCTV di Setiap Persimpangan
Untuk kelengkapan dokumen pelayaran, Hendra memastikan bahwa motoris speedboat mengantongi Surat Keterangan Kecakapan (SKK) dan bukan Surat Izin Berlayar (SIB), sesuai ketentuan yang berlaku untuk kapal berukuran kecil.
Ia juga menyampaikan bahwa koordinasi lintas moda kini semakin diperkuat. Dishub bersama KUPP dan pihak Bandara Kalimarau telah membentuk grup komunikasi khusus guna mempercepat arus informasi lapangan.
“Melalui grup ini koordinasi bisa lebih cepat, baik dengan KUPP maupun pihak bandara,” ujarnya.
Menurutnya, pembenahan akan dilakukan secara bertahap, termasuk melalui edukasi kepada BUMK mengenai penyusunan jadwal pemberangkatan, serta penataan informasi bagi penumpang di Dermaga Sanggam.
BACA JUGA: Wisata Bahari Berau Diprediksi Ramai di Akhir Tahun, Wabup Harap UMKM Mampu Tangkap Peluang
“Kami berharap dari BUMK, dengan ketuanya sudah kami sampaikan, untuk membuat jadwal tertulis di papan informasi maupun melalui sistem online,” katanya.
Hendra menegaskan bahwa penyusunan jadwal bukan sepenuhnya ditentukan oleh Dishub, melainkan menjadi kewenangan BUMK sebagai pengelola dermaga.
Dishub hanya meminta BUMK menyiapkan jadwal tersebut, sesuai kesanggupan yang telah disampaikan dalam rapat bersama KUPP.
“Kami hanya memprakarsai. Kemarin saat rapat dengan KUPP, mereka menyanggupi untuk membuatkan jadwal, nanti kami yang melakukan pembinaan,” ujarnya.
BACA JUGA: Berau Matangkan Rencana Penerapan e-Ticketing di Pintu Masuk Wisata
Ia menambahkan bahwa sejauh ini tidak ada tantangan berarti dalam penataan operasional. Namun, jumlah penumpang yang ingin berangkat sering kali tidak sesuai harapan pemilik speedboat, terutama karena adanya pembatasan waktu operasional dan keterbatasan penumpang setiap harinya.
Meski demikian, Hendra menegaskan Dishub tetap berkomitmen memperkuat konektivitas darat–laut demi kenyamanan wisatawan dan masyarakat.
“Kami pastikan pembenahan terus dilakukan. Harapannya pelayanan di Dermaga Sanggam semakin tertata dan memberi kenyamanan bagi semua penumpang,” pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:
